Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Indrawan Al Ikhsan(1*), Nanang Supriadi(2), Wawan Gunawan(3)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran merupakan hal sentral dalam menentukan hakikat pembelajaran. Aplikasi program berbasis Augmented Reality bertujuan untuk menjadi media pembelajaran yang tepat dan menarik serta dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan dalam teknik penelitian Research and Development ini adalah ADDIE. Menurut hasil analisis data, media pembelajaran program aplikasi berbasis Augmented Reality ini dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil perolehan nilai validator ahli media 3,6 dan validator ahli materi 3,87. Nilai rata-rata pada kategori sangat menarik pada uji coba kelompok kecil 3,84 dan 3,8 pada uji coba lapangan, serta ujiefektivitas mendapatkan nilai rata-rata 0,52


Keywords


Augmented Reality; Geometry; Unity

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, R., & Festiyed. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107439

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Becker, L. A. (2000). Effect size (ES). In uv.es.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media, LCC. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kamelia, L. (2019). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal ISTEK, 9(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/184

Kesim, M., & Ozarslan, Y. (2012). Augmented reality in education : current technologies and the potential for education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(222), 297–302. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.654

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Mareta, A. (2015). Implementasi Media Ajar Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality pada SMPN 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mustaqim, I. (2016). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356

Nincarean, D., Ali, M. B., Halim, N. D. A., & Rahman, M. H. A. (2013). Mobile Augmented Reality : the potential for education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 657–664. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.385

Putra, R. W. Y., Nurwani, Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan, 1(2), 97–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.133

Qumillaila, Susanti, B. H., & Zulfiani. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69. https://doi.org/doi:10.21831/cp.v36i1.9786

Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184

Switri, E. (2019). Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12839

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indrawan Al Ikhsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter