Studi Eksplorasi pada Nada Bahasa Thailand dalam Perspektif Etnomatematika

Andri Suryana(1*), Wulan Anggraeni(2), Indra Suyahya(3)

(1) SCOPUS ID: 57212383565, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejalan dengan pembelajaran berbasis budaya sebagai solusi dari kurang optimal dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis, tujuan penelitian ini mengekplorasi etnomatematika pada nada Bahasa Thailand. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik eksplorasi melalui pendekatan etnografi. Adapun subjek penelitian ini adalah masyarakat Thailand yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun instrumennya adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen, dan peneliti. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 nada dalam Bahasa Thailand, yaitu: middle tone atau s?ang s?aman,  high tone atau s?ang tr?i, low tone atau s?ang èek, falling tone atau s?ang th?o, serta rising tone atau s?ang càtt?w?a. Adapun beberapa konsep matematika yang ditemukan di dalam nada Bahasa Thailand adalah: konsep garis dan kurva terbuka sederhana; konsep fungsi konstan, linear, dan kuadrat;  konsep gradien; konsep kesimetrian; konsep fungsi naik dan fungsi turun;  konsep nilai maksimum dan minimum dari fungsi kuadrat; konsep kecekungan; serta konsep refleksi pada transformasi geometri.


Keywords


Ethnomathematics; Tone; Thai Language;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI KABUPATEN ENDE. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698–2709.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Fioiani, A. D. (2019). Pembelajaran 3. Geometri. In Modul Pendidikan Profesi Guru: Modul 2 Pendalaman Materi Matematika. Jakarta: PPPK.

Imswatama, A., & Zultiar, I. (2019). Etnomatematika: Arsitektur Rumah Adat di Sukabumi sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(2), 119–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i2.1007

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Long, T. (2018). Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Thailand dan Bahasa Indonesia. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4470-Full_Text.pdf

Meli, M. (2015). Evaluasi Penyusunan Materi Pengajaran Fonetik Pada Bahan Ajar Bahasa Mandarin. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra (JPBS), 15(2), 199–212. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i2.1241

Nisa, P. P. D. (2019). Penerapan Modul Dengan Teknik Think Pair Share Untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Smk Jurusan Akomodasi Perhotelan Application Module With Think Pair Share Techniques for Increasing Chinese Language Speaking Skills in Vocationa. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 36–45. https://www.ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/9389

Nurjamila, D., & Nurhayati, E. (2019). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Pembuatan Batik Khas Tasikmalaya. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.763

Praekhaow, P., Chindanurak, T., Konglok, S. A., & Sokhuma, K. (2021). Studying conditions and problems for developing mathematics learning model of undergraduate students in Thailand. Infinity Journal, 10(1), 121–132. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v10i1.p121-132

Sakulpimolrat, S. (2018). Bahasa Thai Bahasa Sahabatku. Bogor: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.

Sihombing, D. I., & Simanjuntak, R. M. (2020). Etnomatematika dalam Transposisi Akord Ende Mandideng. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen, 33–40. http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3963/Prosiding-Webinar-Nasional.pdf?sequence=14&isAllowed=y#page=38

Sriwongchai, A., Jantharajit, N., & Chookhampaeng, S. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking in Thailand. International Education Studies, 8(11), 77–87.

Stewart, J. (2012). Kalkulus. Buku 1 Edisi 5. Jakarta: Salemba Teknika.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriadi, N. (2015). ANALISIS KESALAHAN FONOLOGIS BAHASA MANDARIN OLEH MAHASISWA D3 BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. PAROLE: Journal of Linguistics and Education;, 4(2), 99–119. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/parole/article/view/8157

Suryana, A. (2015). Analisis Implementasi Model PACE pada Mata Kuliah Statistika Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 91–105. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/898

Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Disertasi: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12101

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andri Suryana, Wulan Anggraeni, Wulan Anggraeni, Indra Suyahya, Indra Suyahya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter