Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor

Syarifah Sri Rahayu(1*), Achi Rinaldi(2), Wawan Gunawan(3)

(1) UIN Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran menjadi suatu hal yang pokok dalam menetapkan kualitas pembelajaran. Model pengembangan perlu diperhatikan untuk mendesain suatu media pembelajaran guna memastikan kevalidan serta kualitasnya untuk membantu kelancaran pembelajaran. Aplikasi program linear berbantuan MIT App Inventor bertujuan agar dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yang layak serta menarik untuk digunakan. Desain pengembangan yang digunakan pada metode penelitian R&D (Research and Development) ini adalah ADDIE yang disederhanakan menjadi ADD. Subjek uji coba pada penelitian ini diujikan kepada 2 validator ahli media, 3 validator ahli materi, uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji coba lapangan.  Berdasarkan hasil analisis data bahwa media pembelajaran aplikasi program linear dinyatakan valid dan layak digunakan dengan perolehan hasil validator ahli media 3,56 dan validator ahli materi 3,86. Skor rata-rata dalam kategori sangat menarik pada uji coba perorangan sebesar 3,50, uji coba kelompok kecil 3,55, dan 3,58 untuk uji coba lapangan.

Keywords


Linear Program; Learning Media; MIT App Inventor;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MathSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.322

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media, LCC. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Effendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech, 2(1), 39–48. https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/24

Ekiningsih, E., Buchori, A., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Fungsi Komposisi di SMK. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 246–255. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/64

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 96–109.

Feriatna, T., Pramuditya, S. A., & Aminah, N. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X. LEMMA, IV(1), 65–75.

Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868

Hamdi, G., & Krisnawati, K. (2011). Membangun Aplikasi Berbasis Android “Pembelajaran Psikotes” Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi, 12(4), 37–41. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/78

Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 160–169. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i2.641

Hermawan, L. I., Hobri, H., Murtikusuma, R. P., Setiawani, S., & Yudianto, E. (2018). Pengembangan E-Comic Berbantuan Pixton Pada Materi Program Linear Dua Variabel. Kadikma, 9(2), 78–88. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.9748

Komputer, W. (2013). Pemrograman Android dengan APP INVENTOR (1st ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033

Malenda, T. O., Kadir, K., & Suhar, S. (2018). Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 71–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9141

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Mulyana, E. (2012). App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. Yogyakarta: Andi Publisher.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (JPTK), 13(2), 174–183. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual Dan Ict. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674

Safitri, W. Y., Haryanto, H., & Rofiki, I. (2020). Integrasi Matematika, Nilai-Nilai Keislaman, dan Teknologi: Fenomena di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 89–104. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.89-104

Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153–164. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230

Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184

Supardi, N., Rinaldi, A., & Rakhmawati M, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kegiatan Transaksi Kewirausahaan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 49. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2012

Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(1), 800–809. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/901/0

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wihidayat, E. S., & Maryono, D. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment (IDE) App Inventor 2. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3229

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Yaqin, M. A., & Al Anis, A. (2019). E-Business Cooperation Dalam Pemanfaatkan Media Mit App Inventor dan Web Bootstrap Sebagai Platform Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Probolinggo. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 13–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v3i1.401.13-18




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11442

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syarifah Sri Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter