Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor
(1) UIN Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MathSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.322
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media, LCC. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Effendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech, 2(1), 39–48. https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/24
Ekiningsih, E., Buchori, A., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Fungsi Komposisi di SMK. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 246–255. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/64
Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 96–109.
Feriatna, T., Pramuditya, S. A., & Aminah, N. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X. LEMMA, IV(1), 65–75.
Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868
Hamdi, G., & Krisnawati, K. (2011). Membangun Aplikasi Berbasis Android “Pembelajaran Psikotes” Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi, 12(4), 37–41. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/78
Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 160–169. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i2.641
Hermawan, L. I., Hobri, H., Murtikusuma, R. P., Setiawani, S., & Yudianto, E. (2018). Pengembangan E-Comic Berbantuan Pixton Pada Materi Program Linear Dua Variabel. Kadikma, 9(2), 78–88. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.9748
Komputer, W. (2013). Pemrograman Android dengan APP INVENTOR (1st ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Malenda, T. O., Kadir, K., & Suhar, S. (2018). Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 71–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9141
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Mulyana, E. (2012). App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. Yogyakarta: Andi Publisher.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (JPTK), 13(2), 174–183. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887
Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual Dan Ict. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674
Safitri, W. Y., Haryanto, H., & Rofiki, I. (2020). Integrasi Matematika, Nilai-Nilai Keislaman, dan Teknologi: Fenomena di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 89–104. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.89-104
Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153–164. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230
Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184
Supardi, N., Rinaldi, A., & Rakhmawati M, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kegiatan Transaksi Kewirausahaan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 49. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2012
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(1), 800–809. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/901/0
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wihidayat, E. S., & Maryono, D. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment (IDE) App Inventor 2. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3229
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
Yaqin, M. A., & Al Anis, A. (2019). E-Business Cooperation Dalam Pemanfaatkan Media Mit App Inventor dan Web Bootstrap Sebagai Platform Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Probolinggo. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 13–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v3i1.401.13-18
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11442
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Syarifah Sri Rahayu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530