Uji Perbedaan Gaya Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaraan Luring dan Daring

Nadya Riri Febiyanti(1), Dian Cahyawati(2*), Anita Desiani(3), Putra Bahtera Jaya Bangun(4), Des Alwine Zayanti(5), Endang Sri Kresnawati(6)

(1) 
(2) Universitas Sriwijaya, Indralaya
(3) Universitas Sriwijaya, Indralaya
(4) Universitas Sriwijaya, Indralaya
(5) Universitas Sriwijaya, Indralaya
(6) Universitas Sriwijaya, Indralaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi akademik merupakan hasil pembelajaran yang diperoleh mahasiswa. Prestasi akademik dapat diukur dengan nilai capaian indeks prestasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik adalah gaya belajar. Faktor gaya belajar dapat berubah akibat dari perubahan pembelajaran seperti dari pembelajaran luring menjadi daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi perbedaan antara gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran luring dan pembelajaran daring serta perbedaannya terhadap prestasi akademik mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis statistik uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa signifikan berbeda antara pembelajaran luring dan daring.

Keywords


Academic Achievement; Learning Style; Online Learning;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 816. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150161. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296

Chislett, V., & Chapman, A. (2005). VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire. https://www.businessballs.com/freepdfmaterials/vak_learning_styles_questionnaire.pdf

Djamarah, S., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi dengan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 6669. https://vm36.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/26697

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 6776. https://doi.org/https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Rahmi, I. A. (2021). Gaya Belajar Mahasiswa Selama Kuliah Daring. Kompasiana.

Sugiyono. (2014a). Metode Pendekatan Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014b). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (18th ed.). Bandung: Alfabeta.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca (1st ed.). Bandung: CV Budi Utama.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (IAIM NU) Metro. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107114. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.135

Yusup, F. (2018). Uji Valditas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 1723. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11433

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nadya Riri Febiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter