Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel

Siti Hawa Siregar(1*), Siti Ramadhani Putri Zulham(2), Nurul Intan Nirwana(3), Kamilah Silalahi(4), Ibrahim Yusup Nasution(5)

(1) State University of Medan
(2) Universitas Negeri Medan, Medan
(3) Universitas Negeri Medan, Medan
(4) Universitas Negeri Medan, Medan
(5) Universitas Negeri Medan, Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi pertidaksamaan linier dua variabel yang layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model Plomp. Model plomp ini terdiri atas lima tahapan dalam pelaksanaan pengembangannya, yaitu: 1. Tahap investigasi; 2. Tahap desain; 3. Tahap realisasi; 4. Tahap tes, evaluasi dan revisi; dan 5. Tahap implementasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan juga kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pengembangan LKPD diperoleh hasil validasi 77,8 % pada validasi materi dengan kategori valid dan hasil 80% pada validasi media dengan kategori valid. Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan LKPD pada materi pertidaksamaan linier dua variable yang dikembangan dengan menggunakan model Plomp valid untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Validity; Student Worksheet; Linear Inequality of Two Variables;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444 P

Andriyani, R. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Siswa SMP Kelas VII. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.30595/alphamath.v2i2.1229

Aonillah, D. R., Suherman, U., & Nanang. (2016). PERBEDAAN MOTIF DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs YPI AL-ULFAH ANTARA YANG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 132–141. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v1i1.103

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492

Hudha, T. T., & Irianto, S. (2021). Almufi Jurnal Pendidikan ( AJP ) Pengembangan LKPD Matematika dalam Kegiatan Belajar Siswa Bersama Orang Tua Materi Keliling dan Luas Bangun Datar dengan. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 1(2), 78–86. http://almufi.com/index.php/AJP/article/view/29

Jaya, S., Maizora, S., & Muchlis, E. E. (2019). Pengembangan Lkpd Dengan Pendekatan Saintifik Di Sma Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 285–292.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), IV(1), 19–32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8498

Risfalidah, Rosidin, U., & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Ditinjau dari Disposisi dan Kemampuan Komunikasi Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 271–283. http://repository.lppm.unila.ac.id/20065/

Saputri, N. W., & Zulkardi, Z. (2020). Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Siswa SMP Menggunakan Konteks Ojek Online. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6825.1-14

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Setiyaningsih, D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika SMK Berbasis Saintifik. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 30(3), 255–260.

Siregar, T. B., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28577

Suciati, P. (2021). School From Home (SFH): Perjuangan Para Orang Tua Siswa Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 7–16.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

Wynarti, I. A. (2018). Pengembangan Permainan Charades Sebagai Media Pembelajaran Materi Jenis-jenis Bisnis Ritel Kelas XI Pemasaran Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2), 63–70. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/24255




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11365

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Hawa Siregar, Siti Ramadhani Putri Zulham, Nurul Intan Nirwana, Kamilah Silalahi, Ibrahim Yusup Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter