Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bernuansa Islam Dilengkapi Rumus Cepat Materi Aritmatika Sosial

Umi Afifah(1*), Ruhban Masykur(2), Rizki Wahyu Yunian Putra(3), Riyama Ambarwati(4)

(1) 
(2) UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(3) UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(4) UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian pengembangan dilakukan sebagai inovasi bahan ajar materi aritmatika sosial bernuansa Islam dilengkapi rumus cepat yang valid, menarik, dan efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi dan media serta ahli agama, analisis respon peserta didik, dan uji effect size. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Hasil uji kelayakan dari validator materi dan media serta ahli agama dengan kriteria valid. Uji kemenarikan pada uji skala kecil dengan kriteria sangat menarik dan pada uji skala besar dengan kriteria sangat menarik. Penilaian uji efektivitas mendapatkan skor uji effect size sebesar 0,43 dengan kategori sedang yang artinya memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan efektif untuk digunakan saat pembelajaran.


Keywords


Mathematics Teaching Materials; Social Arithmetic; Islamic Nuances; Mathmagic;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251

Erpina, Hasjmy, M. A., & Salimi, A. (2014). Pengaruh Kooperatif Teknik Talking Stick terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(9). https://www.neliti.com/publications/215454/pengaruh-kooperatif-teknik-talking-stick-terhadap-hasil-pembelajaran-pendidikan#cite

Fitriyana, Z. N., Mailizar, M., & Seruni, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 279–292. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.10014

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Herdianto, H., Putra, R. W. Y., & Anggoro, B. S. (2018). Pengembangan Modul Berbantuan Rumus Cepat Arimetika Sosial Dan Perbandingan. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 17–30. http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/88

Mardati, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Datar Untuk Mahasiswa PGSD UAD. JPSD Journal (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–7. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/7246

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.9696

Putra, R. W. Y., Nurwani, Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan, 1(2), 97–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.133

Rachmawaty, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Faktor dan Kelipatan Bilangan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SDN Polisi 5 Kota Bogor. Jurnal Edukha, 1(1), 13–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/edukha.v1i1.3203

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Sina, I. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Didasari Analisis Swot Pada Materi Peluang: Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas XI SMA N 1 Wanasari. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/69

Situorang, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Group Investigation Berbasis Kontekstual Materi Statistika Kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan. Keguruan, 5(2), 8–15. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/824

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11330

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 umi afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter