Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kritis Matematis Peserta Didik SMK Berdasarkan Gaya Belajar

Ainun Sholihah(1*), Bambang Sri Anggoro(2), Rizki Wahyu Yunian Putra(3)

(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Perbedaan gaya belajar setiap individu satu dengan individu lain mempunyai perbedan. Gaya belajar menjadi fokus masalah, bagaimana cara setiap peserta didik dalam belajar. Dengan adanya pemahaman gaya belajar yang diharapkan kemampuan berpikir dapat ditingkatkan berdasarkan gaya belajar masing-masing peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dan kritis matematis peserta didik smk dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar Kolb. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek yang digunakan merupakan peserta didik kelas XI SMK 2 Mei Bandarlampung dengan pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh peserta didik converger, diverger, accomodator, dan assimilator memiliki karakteristik kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis yang berbeda pada setiap indikator. Perlu adanya pengembangan metode untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis pada masing-masing tipe gaya belajar Kolb.

Keywords


Reflective Thinking; Mathematical Critical Thinking; Learning Style;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aji, R. H. S. (2020). Matematika dalam Rasionalitas Al-Qur’an; Bukti Perenialisme Atas Nalar Saintifik. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(9), 787–800. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i9.16592

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8497

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9

Eyyam, R., Menevi?, ?., & Do?ruer, N. (2011). An Investigation of the Learning Styles of Prospective Educators. TOJNED: The Online Journal of New Horizons In Education, 1(3), 1–6. http://www.tojned.net/?pid=showissue&issueid=93

Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8

Ghazivakili, Z., Norouzi Nia, R., Panahi, F., Karimi, M., Gholsorkhi, H., & Ahmadi, Z. (2014). The role of critical thinking skills and learning styles of university students in their academic performance. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(3), 95–102. https://jamp.sums.ac.ir/article_40898.html

Hakima, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Tipe Kolb Pada Materi Bilangan Bulat. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.886

Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256

Jamilah, A., Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Kognitif Siswa terhadap Keterampilan Proses Sains. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 124–132. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/8716

Jannati, E. D. (2016). Model Pembelajaran Experiential Kolb. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 143–155. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/1129

Kim, S., & Kim, M. (2012). Kolb’s Learning Styles and Educational Outcome: Using Digital Mind Map as a Study Tool in Elementary English Class. International Journal for Educational Media and Technology, 6(1), 4–13. https://jaems.jp/contents/icomej/vol6/IJEMT6.9-18.pdf

Mainemelis, C., Boyatzis, R. E., & Kolb, D. A. (2002). Learning Styles and Adaptive Flexibility: Testing Experiential Learning Theory. Management Learning, 33(1), 5–33. https://doi.org/10.1177/1350507602331001

Maulani, Y., Sutini, A., & Priatna, D. (2018). Pengaruh Metode Musikalisasi Bercerita Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10556

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Putra, R. W. Y., & Pamungkas, A. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI MATEMATIKA SISWA MTs. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4865

Putri, A. S., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-Tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 34–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v4i1.81

Rahman, H. (2019). Model Integrasi Keilmuan: Implementasi Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai di SDI Sabilillah Malang. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(1), 15–29. https://doi.org/10.30762/f_m.v2i1.1642

Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.59

Rofiqoh, Z. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X dalam pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa [In Skripsi. Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22322/1/4101411053-s.pdf

Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318

Stirling, A. E. (2016). Applying Kolb’s Theory of Experiential Learning to Coach Education. Journal of Coaching Education, 6(2), 103–121. https://doi.org/10.1123/jce.6.2.103

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 75–82. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2283




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11326

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainun Sholihah, rizki wahyu putra, bambang sri anggoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter