Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kritis Matematis Peserta Didik SMK Berdasarkan Gaya Belajar
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aji, R. H. S. (2020). Matematika dalam Rasionalitas Al-Qur’an; Bukti Perenialisme Atas Nalar Saintifik. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(9), 787–800. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i9.16592
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25
Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8497
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Eyyam, R., Menevi?, ?., & Do?ruer, N. (2011). An Investigation of the Learning Styles of Prospective Educators. TOJNED: The Online Journal of New Horizons In Education, 1(3), 1–6. http://www.tojned.net/?pid=showissue&issueid=93
Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8
Ghazivakili, Z., Norouzi Nia, R., Panahi, F., Karimi, M., Gholsorkhi, H., & Ahmadi, Z. (2014). The role of critical thinking skills and learning styles of university students in their academic performance. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(3), 95–102. https://jamp.sums.ac.ir/article_40898.html
Hakima, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Tipe Kolb Pada Materi Bilangan Bulat. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.886
Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
Jamilah, A., Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Kognitif Siswa terhadap Keterampilan Proses Sains. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 124–132. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/8716
Jannati, E. D. (2016). Model Pembelajaran Experiential Kolb. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 143–155. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/1129
Kim, S., & Kim, M. (2012). Kolb’s Learning Styles and Educational Outcome: Using Digital Mind Map as a Study Tool in Elementary English Class. International Journal for Educational Media and Technology, 6(1), 4–13. https://jaems.jp/contents/icomej/vol6/IJEMT6.9-18.pdf
Mainemelis, C., Boyatzis, R. E., & Kolb, D. A. (2002). Learning Styles and Adaptive Flexibility: Testing Experiential Learning Theory. Management Learning, 33(1), 5–33. https://doi.org/10.1177/1350507602331001
Maulani, Y., Sutini, A., & Priatna, D. (2018). Pengaruh Metode Musikalisasi Bercerita Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10556
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613
Putra, R. W. Y., & Pamungkas, A. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI MATEMATIKA SISWA MTs. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4865
Putri, A. S., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-Tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 34–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v4i1.81
Rahman, H. (2019). Model Integrasi Keilmuan: Implementasi Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai di SDI Sabilillah Malang. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(1), 15–29. https://doi.org/10.30762/f_m.v2i1.1642
Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.59
Rofiqoh, Z. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X dalam pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa [In Skripsi. Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22322/1/4101411053-s.pdf
Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318
Stirling, A. E. (2016). Applying Kolb’s Theory of Experiential Learning to Coach Education. Journal of Coaching Education, 6(2), 103–121. https://doi.org/10.1123/jce.6.2.103
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 75–82. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2283
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11326
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ainun Sholihah, rizki wahyu putra, bambang sri anggoro
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530