Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Ukiran Toraja pada Siswa Field Independent
(1) Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tana Toraja
(2) Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tana Toraja
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran matematika realistik yang dipadukan dengan kearifan lokal Toraja (ukiran Toraja) dan memperhatikan gaya kognitif merupakan sebuah ide yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi, menarik bagi siswa, dan mampu mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa field independent yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik menggunakan ukiran Toraja. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIa SMPN 2 Balusu yang berjumlah 17 orang. Peneliti menggunakan desain one group pretes-postest. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Besarnya peningkatan sebelum dan sesudah pembelajaran dihitung dengan rumus gain ternormalisasi. Pembelajaran dapat dikatakan berhasil dilihat dari hasil belajar 4 siswa field independent yang berada pada kategori sangat tinggi, serta peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung dengan rumus N-gain yaitu 0,843 atau berada pada kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, D. N. Y., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematik siswa SMP dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Journal On Education, 01(02), 207–214. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/48
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Ardana, I. M. (2007). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Berorientasi Konsep Jengah dan Konstruktivis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Undiksha.
Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416–428. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331
Dibyantoro, W. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP. In Tesis. Universitas Terbuka.
Febriyanti, C. (2015). Pengaruh Bentuk Umpan Balik dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Trigonometri. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 203–214. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.125
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Holisin, I. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199
Jannah, U. R., & Towafi, T. (2020). Realistic Mathematic Education pada Barisan dan Deret Aritmetika Berbasis Kehidupan Islami Pondok Pesantren. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 165. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5163
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa: Alternatif Pembelajaran di Kurikulum 2013. At- Ta’lim?: Jurnal Pendidikan, 5(2), 93–106. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263
Lumamuly, F., Laamena, C. M., & Tamalene, H. (2021). ASIMETRIS?: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS atau langkah-langkah tertentu yang diterapkan penelitian eksperimental ( Experimental Research ) Group Design . Populasi dalam penelitian ini. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 10–15. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/article/view/386
Marpaung, Y. (2001). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik di Indonesia. Disampaikan Pada Seminar Nasional Sehari: PenerapanPendidikan Matematika Realistik Pada Sekolah Dan Madrasah, 5 November 2001, Medan.
Matang, R. (2002). The Role of Ethnomathematics in Mathematics Education in Papua New Guinea: Implications for mathematics curriculum. Directions: Journal of Educational Studies, 24(1), 27–37. http://www.directions.usp.ac.fj/cgi-bin/library?e=d-01000-00---off-0direct--00-1--0-10-0---0---0prompt-10---4-------0-1l--11-en-50---20-about---00-3-1-00-0-0-11-1-0utfZz-8-00&a=d&c=direct&cl=CL4.1.47
Midah, M., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematik untuk Siswa SD Kelas IV dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 257–265. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/6354
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107
Nofitasari, L., Zaenuri, & Mashuri. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education.
Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
Revina, S., & Leung, F. K. S. (2019). How the Same Flowers Grow in Different Soils? The Implementation of Realistic Mathematics Education in Utrecht and Jakarta Classrooms. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(3), 565–589. https://doi.org/10.1007/s10763-018-9883-1
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi, R. (2001). Pemanfaatan Realitas Dan Lingkungan Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education Di FMIPA UNESA Tanggal 24 Februari 2001.
Subaidi, A. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dengan Setting Model Learning Together (Lt) Pada Pokok. Sigma, 2(1), 1–4. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/69/54
Trandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometri Budaya Toraja). Jurnal Imiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 47–57. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/172
Tsani, D. F., & Saputra, R. (2021). Pengembagan Media Pembelajaran Board Game Go-Metra untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3676
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume, 3(1), 78–82. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2541
Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education in Indonesia BT - International Reflections on the Netherlands Didactics of Mathematics?: Visions on and Experiences with Realistic Mathematics Education (M. van den Heuvel-Panhuizen (ed.); pp. 325–340). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1_18
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11296
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Beatric Videlia Remme'
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530