Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy

Sita Wahyu Apriliyani(1*), Leny Hartati(2), Rahmatulloh Rahmatulloh(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif bertujuan menganalisis siswa Kelas VII SMPN 4 Playen Gunungkidul pada pokok bahasan statistika. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa dipilih dari kategori self efficacy tinggi, sedang dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Peneliti menggunakan triangulasi metode/teknik sebagai kredibilitas keabsahan data. Setelah penulis menganalisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy, penulis menarik kesimpulan bahwa kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy level tinggi tergolong  baik, untuk self efficacy level sedang dan rendah tergolong cukup baik. Secara umum, siswa memiliki kemampuan representasi matematis yang paling tinggi yaitu pada indikator visual.


Keywords


Self Efficacy; Statistics; Mathematical Representation Skills;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afri, L. D. (2019). Pengembangan Soal Tes Kemampuan Representasi Dan Penalaran Matematis Serta Skala Sikap Self Concept Untuk Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 1–14. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/5440/2417

Astuti, E. P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70–82.

Dewi, M. W. K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 151–164. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1586

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

Hartiwi, R., Khairudin, K., & Syukma, N. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP N 14 Padang. Disertasi: Universitas Bung Hatta. http://repo.bunghatta.ac.id/674/3/13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 BAB I.pdf

Hidayat, B. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Ilmi, F. (2013). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Storytelling untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Disertasi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226–235.

Laili, R., & Fauziyah, N. (2020). Analisis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau Dari Self-Efficacy Peserta Didik. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 57–66.

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). The Influence of Learning Model and Learning Motivation Towards Mathematical Reasoning Abilities in Junior High School BT - 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 295–301. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.056

Ningrum, H. U., Mulyono, M., Isnarto, I., & Wardono, W. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 679–686. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29237

Nurmalasari, R. (2019). Kemampuan Representasi Matematik ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1090

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1).

Ramadhani, S. S., Hartin, S., & Lestari, W. D. (2019). Pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari tingkat kebiasaan berpikir. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–10. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/219

Ribkyansyah, F. T., Yenni, Y., & Nopitasari, D. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Pokok Bahasan Statistika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 149–155. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.711

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64–68. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/68

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 37–48. https://core.ac.uk/download/pdf/11065033.pdf

Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.67

Sutrisno, Sudargo, & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3626

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sita Wahyu Apriliyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter