Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif
(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang, Semarang
(3) Universitas PGRI Semarang, Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu GEFT, tes kemampuan penalaran, wawancara, serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, menarik kesimpulan, dan memeriksa keshahihan argumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif field independent memiliki keenam indikator sedangkan siswa bergaya kognitif field dependent hanya mampu menguasai dua indikator, yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249
Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2), 135142. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/965/515/
Depdiknas. (2006). Permen Nomor 22 Tahun 2006. Depdiknas.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.
Fleiss, J. L., Levin, B., & Paik, M. C. (2003). Statistical Methods for Rates and Proportions. New York: Wiley & Sons.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 4754. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305
Haryanti, C. F., & Masriyah. (2018). Profil Penalaran Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Open Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7), 197204. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Hidayat, B. R., Sugiarto, B., & Pramesti, G. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa ((Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012). Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 3946. https://eprints.uns.ac.id/3896/
Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UM Press.
Irdhiyanti, L. (2019). Profil Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII D SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. In Skripsi. IAIN Tulungagung.
Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika Dan Sains Secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 3748. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544
Lastiningsih, N. (2014). Deskripsi Berpikir Siswa SMP Dalam Pengajuan Soal Berdasarkan Taksonomi Empirik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Prosiding Seminar Nasinonal Pendidikan Matematika Unnisula, 80.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UI Press.
Muhtarom, Murtianto, Y. H., & Sutrisno. (2017). Thinking Process of Students with High-Mathematics Ability (A Study on QSR NVivo 11-Assisted Data Analysis). International Journal of Applied Engineering Research, 12(17), 69346940.
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). The Influence of Learning Model and Learning Motivation Towards Mathematical Reasoning Abilities in Junior High School BT - 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 295301. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.056
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323
Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Bealajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. NCTM.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Offirstson, T. (2012). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish.
Putra, A., Murti, B., & Suriyasa, P. (2013). Hubungan Gaya Kognitif Dan Penalaran Verbal Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi II Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, 1(1), 92103. https://eprints.uns.ac.id/2178/1/232-435-1-SM.pdf
QSR International. (2016). NVivo 11 for Windows Help. http://help-nv11.qsrinternational.com/desktop/procedures/run_a_coding_comparison_query.htm#MiniTOCBookMark2
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan OpenEnded Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 3643. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Sari, A. P., Sudargo, S., & Sutrisno, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together melalui pendekatan PAIKEM terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya kognitif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 4859. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3665
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
Setyaningrum, A., Ariyanto, L., & Sutrisno, S. (2017). Pengaruh Self-Confidence terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (2rd SENATIK), 371376. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1677
Shadiq, F. (2014). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Yogyakarta: Widyaswara PPG Matematika.
Somakim, Suharman, A., Kodri, M., & Taufiq. (2016). Developing Teaching Materials PISA-based for Mathematics and Science of Junior High School. Journal of Education and Prcatice, 7(13), 7377. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/30623
Sutrisno, S., Mardiyana, M., & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan SAVI terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661667. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3538
Sutrisno, Sudargo, & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 6576. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3626
Utami, T. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. In Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati.
Yekti, S. M. P., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2016). Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent - Field Independent. Journal of Mathematics and Mathematics Education, VI(2), 178192. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmme.v6i2.10064
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11127
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mellania Nur Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
3.png)







