Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Analitis Matematis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa

Dwi Nurmalasari(1*), Bambang Sri Anggoro(2), Siska Andriani(3)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lanpung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lanpung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lanpung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis matematis dan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan penelitian faktorial 2X2. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiwa Jurusan Pendidikan Matematika semester 4 kelas D dan kelas E UIN Raden Intan Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan observasi. Uji normalitas dilakukan sebelum uji hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil pengujian hipotesis diperoleh signifikansi  <0.05 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah yang diberikan model pembelajaran tutor sebaya daripada pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung.

Keywords


Peer Tutor Learning Model; Mathematical Analytical Ability; Problem Solving;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bloom, B. S. (1985). Developing talent in young children. New York: Bailantine.

Caprioara, D. (2015). Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859–1864. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332

Desti, E., Anggoro, B. S., & Suherman. (2018). Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 525–532.

Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–21. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/584/498

Fatma, M. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Matematis Mahasiswa Pada Perkuliahan Analisis Riil. Jurnal Aksiomatik, 4(3), 1232–1241.

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.1-14

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n2_03

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199

Mulyatna, F., & Nofiansyah, W. (2019). Error patterns in determining combined probability functions from continuous random variables. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012111

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T . P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 46–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v1i1.4390

Nofitasari, L., Zaenuri, & Mashuri. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education.

Nurhalin, Y., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 185–194. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/716

Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826

Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.735

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42

Suherman, E., & Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah 157.

Syadid, R. A. A. C. I., & Sutiarso, S. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 327–336. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808

Yavuz, G., & Erbay, H. N. (2015). The Analysis of Pre-service Teachers’ Beliefs about Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2687–2692. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.953

Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/93




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10453

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter