Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Analitis Matematis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa
(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lanpung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lanpung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lanpung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bloom, B. S. (1985). Developing talent in young children. New York: Bailantine.
Caprioara, D. (2015). Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859–1864. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332
Desti, E., Anggoro, B. S., & Suherman. (2018). Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 525–532.
Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–21. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/584/498
Fatma, M. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Matematis Mahasiswa Pada Perkuliahan Analisis Riil. Jurnal Aksiomatik, 4(3), 1232–1241.
Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.1-14
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n2_03
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2
Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199
Mulyatna, F., & Nofiansyah, W. (2019). Error patterns in determining combined probability functions from continuous random variables. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012111
Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T . P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 46–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v1i1.4390
Nofitasari, L., Zaenuri, & Mashuri. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education.
Nurhalin, Y., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 185–194. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/716
Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.735
Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42
Suherman, E., & Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah 157.
Syadid, R. A. A. C. I., & Sutiarso, S. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 327–336. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808
Yavuz, G., & Erbay, H. N. (2015). The Analysis of Pre-service Teachers’ Beliefs about Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2687–2692. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.953
Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/93
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10453
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530