Model Pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan Minat Belajar: Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL dengan strategi Quick on The Draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar peserta didik. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian faktorial 2X3. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar. Teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL dengan strategi Quick on The Draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran POGIL dengan strategi Quick on The Draw dengan kategori minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905
Ahmad, Negara, H. R. P., Kurniawati, K. R. A., & Ibrahim, M. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 81–90.
Amalia, P. R., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2020). Problem-Solving Skill Based on Learning Independence Through Assistance in Independent Learning with Entrepreneurial-nuanced Modules. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 102–108. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/39883
Arpiana, D., & Nurhadi, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Pogil Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 4 Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Jurnal Zarah, 8(1), 38–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.2055
Casella, G., & Berger, R. L. (2002). Statistical Inference (2nd ed.). Pacific Grove, California: Duxbury.
Damayanti, R. R., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Quick On The Draw. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 54–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8352
Ekawati, F., Susanta, A., & Hambal, D. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II D SDN 69 Kota Bengkulu. (JP3D) Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 20–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12299
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886
Fitria, F., & Hidayah, N. (2021). POGIL ( Process Oriented Guided Inquiry Learning ) Learning Model: How Does it Influence Students’ Observation Skills and Scientific Attitudes? Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 1(1), 1–6.
Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.980
Hasanah, S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead Aq Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Ejournal Raden Intanac.Id, 2(1), 144.
Juariah, S., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Implementasi Peer Led Guided Inquiry (Plgi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 196–202. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.865
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ningrum, R. W., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 126–135. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ajme.v2i2.17651
Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249
Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa, 9(3), 631–646. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p631-646
Purnamasari, L. D., & Muchlis. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pogil Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Materi Reaksi Redoks Pada Peserta Didik Kelas X Sman 1 Driyorejo Gresik. Unesa Journal Of Chemical Education, 9(1), 84–87. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p84-87
Putri, V. W., & Gazali, F. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/rrj.v3i2.363
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4387
Sari, D. Y., Widiyowati, I. I., & Kusumawardani, R. (2020). pngaruh Model Pembelajaran Pogil Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 33–35.
Supriadi, N., Sunarto, Oktaviana, P., & Putra, F. G. (2021). Mathematical Concept Understanding Ability And Self-Regulated Learning: The Effect Of Quick On The Draw Strategy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 146–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3173
Talakua, C., & Sahureka, M. (2021). Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) diintegrasikan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 196–204. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13056
Wijiastuti, D. S., & Muchlis. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pogil Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p48-55
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on Reflective Thinking Skills and Problems Solving Ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Yulia, P., Riskayani, M., & Erita, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 257–266. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.700
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10282
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Novita Sari, Mujib Mujib, Rizki Wahyu Yunian Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530