Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik

Zahra Nur Fitriyana(1*), Mailizar Mailizar(2), Seruni Seruni(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester genap. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini telah menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester genap. Berdasarkan hasil uji validasi, modul ini sudah dikatakan layak untuk digunakan. Rata-rata skor total sebesar 91,67%. Untuk penilaian validasi ahli materi, rata-rata skor total sebesar 82,35% untuk penilaian validasi  ahli media dan rata-rata skor total sebesar 81,32% untuk penilaian validasi ahli Bahasa dengan masing-masing skor termasuk kedalam kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematikadengan pendekatan matematika realistik untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester genap ini layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah.


Keywords


Module; Mathematics; Realistic Mathematics Approach;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S., Safruddin, A. J., dan Cepi. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Dasmo, D., Astuti, I. A. D., dan Murullaeli, N. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 22-28.

Erman, S. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ikhsan. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Topik Aljabar dengan Pendekatan PMRI untuk siswa Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Murdani, Johar, R., & Turmudi. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, 1(2), 22-32. Retrieved from: http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1054/990

Mulyono, A.(2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S.(2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution, S.(2010). Berbagai Pendekatan Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A.(2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta. DIVA Press.

Rahayu, Y., dan Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102.

Ramdani, I. (2014). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan pendidikan matematika realistic indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi pencapaian literasi matematika siswa kelas VII. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Edisi Khusus No. 2, 79-85.

Tegeh, I. M., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan Media Strip Comic dengan Model ADDIE pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 245-255.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.10014

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zahra Nur Fitriyana, Mailizar Mailizar, Seruni Seruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter