PENGARUH SIKAP BERBAHASA DAN DAYA KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS Survei pada Siswa SMK Negeri di Kabupaten Purwakarta
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh sikap berbahasa dan daya kreativitas secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Negeri di kabupaten Purwakarta. 2) Pengaruh sikap berbahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Negeri di kabupaten Purwakarta. 3) Pengaruh daya kreataivitas terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Negeri di kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah para peserta didik kelas XI SMK Negeri di kabupaten Purwakarta provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari 2 sekolah, yaitu SMK Negeri 2 and 3 Purwakarta yang berjumlah 944 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan : 1)Terdapat pengaruh yang signifikan sikap berbahasa dan daya kreativitas secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa SMK Negeri di Kabupaten Purwakarta. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 14,697.2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap berbahasa terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa SMK Negeri di Kabupaten Purwakarta. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 3,765. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan daya kreativitas terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa SMK Negeri di Kabupaten Purwakarta. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,007 < 0,05 dan th = 2,746.
Kata Kunci: Sikap berbahasa, daya kreativitas, keterampilan berbicara bahasa Inggris
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibad, M. N. (2007). Suluk jalan terabas Gus Miek. Yogyakarta: Pustaka Pesantren (Kelompok Penerbt Lkis).
KBBI. Diakses dari http://kbbi.web.id/daya.html.
Sobara, I., dan Ardiyani, D.K. (2013). Sikap bahasa mahasiswa laki-laki dan perempuan. (Jurnal). Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu & aplikasi pendidikan. Bagian 3 pendidikan disiplin ilmu. Terbitan pertama, cetakan kedua. Bandung: Handbook. P.T. IMTIMA.
Warsiman. (2014). Sosiolingustik: Teori dan aplikasi dalam pembelajaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi. Ed.1.Yogyakarta: Garudhawaca
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i1.3819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License