Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi

Septi Farah Nurrahmah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Restoeningroem Restoeningroem(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat, 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada Siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat, 3) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada Siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dengan teknik cluster random sampling. Model statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung  = 249,860; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung  = 9,122; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,171.

 

Kata Kunci:     Motivasi Belajar, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.M, Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

A’isah, S. (2015). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Gugus Setya Secang Kabupaten Magelang. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Cahyani, I. (2009). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moeliono. A. (2002). Ikhwal Kata dalam Karangan (Makalah), disampaikan pada Bulan Bahasa, Universitas Negeri Jakarta.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Saddhono, K., & Slamet, St. Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slamet, St. Y. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa Bandung.

Uno, H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats