Campur Kode pada Papan Reklame Iklan Komersial

Idham Maulana(1*), Hilda Hilaliyah(2), Bambang Sumadyo(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui wujud campur kode yang berupa sisipan kata, frasa, dan klausa yang terdapat di dalam papan reklame iklan komersial dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis isi pada kalimat papan reklame iklan komersial. Analisis data yang digunakan mengklasifisikan data yang terdapat campur kode berupa, kata, frasa, dan klaua. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 Campur kode yang terdapat dalam papan reklame iklan komersial. Hasil penelitian ini, teridentifikasi bahwa terdapat temuan Campur kode dalam bentuk kata sebanyak 22 temuan (42.3%), Campur kode dalam bentuk frasa sebanyak 21 temuan (40.4%), Campur kode dalam bentuk klausa sebanyak 9 temuan (17.3%). Dengan demikian, hasil dari temuan papan reklame yang dominan adalah campur kode dalam bentuk kata.

 

Kata Kunci: Campur Kode, Papan Reklame, Iklan Komersial.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, HP., & Abdullah, A. (2013). Linguistik umum. Jakarta: Erlangga

Chaer, A. (2012). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferawati. (2019). Campur kode pada acara “Rumah Uya” di Trans 7. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1): 32-43. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ BDS/article/view/12252

Hafari, A.I. (2015). Analisis campur kode dan alih kode dalam iklan radio Citra FM Kabupaten Wonosobo pada Bulan April 2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 07(01): 74-82. http://ejournal. umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/2404

Hernimawati. (2018). Model implementasi kebijakan penataan reklame. Surabaya: Jakad Publishing.

Hoed, B. H. (2001). Dari logika tuyul ke erotisme. Magelang: Yayasan Indonesiatera Anggota IKAPI.

Madjadikara, S. A. (2005). Bagaimana biro iklan memproduksi iklan bimbingan praktis penulisan naskah iklan. Jakarta: gramedia Pustaka Utama.

Marlin. (2018). Campur kode caramah Ustad Maulana dalam Acara “Islam Itu Indah” di Trans TV. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1): 1-13. http://jurnal. untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10040

Wakhidah, S., & Sudaryanto. (2019). Analisis campur kode dalam iklan daring Lazada Edisi April 2019: Kajian Sosiolinguistik. Deiksis, 11(03): 269-375. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/3852

Wibowo, W. (2011). Cara cerdas menulis artikel ilmiah. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Wirahyuni, K. (2017). Campur Kode dalam Iklan di Radio dan Televisi. Jurnal IKA, 15 (2) 157-167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article /view/20193




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats