Gaya Bahasa Pengunjung Hotel dan Restoran dalam Menyikapi New Normal Covid 19 Melalui Telepon

Fridska Hartaty Br Galingging(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana gaya bahasa para pengunjung hotel dan restoran dalam menyikapi new normal covid 19 melalui telepon di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Keterkaitan gaya bahasa para pengunjung hotel dan restoran dalam situasi saat ini. 2) Dengan menerima telepon dan menelepon pengunjung hotel dan restoran, kita bisa mengetahui alasan apa agar mau datang kembali. 3) Gaya bahasa pengunjung dalam menyikapi new normal covid 19. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah pengunjung hotel dan restoran di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan melaui telepon, dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi (gabungan) yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri dan data hasil dari percakapan di telepon yang telah di teliti gaya bahasanya ada sebanyak 15 makna gaya bahasa hiperbola, ada 13 makna gaya bahasa personifikasi dan metafora, untuk gaya bahasa simile ada 7 makna, dan yang paling sedikit gaya bahasa litotes ada 2 makna. Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Adanya keterkaitan dari gaya bahasa pengunjung hotel dan restoran dalam situasi saat ini dapat terlihat dari gaya bahasa yang mempengaruhinya, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengunjung hotel dan restoran yang menggunakan gaya bahasa hiperbola ada 15 makna. 2) Bisa mengetahui alasan tamu untuk mau datang kembali, hal tersebut dibuktikan dengan menerima telepon dan menelepon pengunjung hotel dan restoran. 3) Ditemukan berbagai macam gaya bahasa pengunjung hotel dan restoran dalam menyikapi new normal covid 19, hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya beragam gaya bahasa yang digunakan. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan penalaran akan gaya bahasa dalam bertelepon dikalangan umum.

Kata Kunci: gaya bahasa, pengunjung hotel dan restoran.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Baharudin., & Rumpia, A. F. (2020). 2019-nCov-Jangan Takut Virus Corona. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Dipna, V. (2020). Apa itu new normal dan bagaimana penerapannya saat pandemi corona?. https://tirto.id/apa-itu-new-normal-dan-bagaimana-penerapannya-saat-pandemi-corona-fCSg.

Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, T. O. S. (2020). Soft Skill Komunikasi Resepsionis. Oratio Directa, 2(2).

https://jakarta.bisnis.com/read/20200526/77/1244867/new-normal-dki-jakarta-anies-tunggu-evaluasi-psbb-iii-kelar-4-juni).

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/27/150000569/pengertian-hotel-dan-karakteristiknya?page=all).

Putri, E. D. H. (2018). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Deepublish.

Rahmayanti, W., & Arifin, E. Z. (2020). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 77-85.

Shabibie. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Coro/Va Y/Rus D/Sease (Covid-19) Di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-nomor-2-tahun-2o2o-tentang-pencegahan-dan-penanganan-coro-va-y-rus-d-sease-covid-19-di-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan/

Sinaga, F. (2018). Restoran dan Kegiatannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E. S. E. (2016). Gaya Bahasa Dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats