Deiksis Persona dan Pesan Persuasif dalam Buku Pengembangan Diri: Ingatkan Aku Karya Fitria NA

Putri Nahdiah(1*), Bambang Sumadyo(2), Sumaryati Tjitro Sumarto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis deiksis persona dan pesan persuasif pada buku pengembangan diri: Ingatkan Aku karya Fitria NA. Fokus penelitian yakni 1) mengungkapkan bentuk deiksis persona; 2) mengetahui pesan persuasif; dan 3) memaparkan hubungan bentuk deiksis persona dan pesan persuasif dalam buku pengembangan diri: Ingatkan Aku karya Fitria NA. Penelitian dilakukan dengan metode analisis simak catat dan memperhatikan teori-teori ahli yang berkaitan dengan deiksis persona dan pesan persuasif. Hasilnya ditemukan 67 data deiksis persona dan pesan persuasif yang disimpulkan: 1) Bentuk deiksis persona didominasi oleh kata ganti orang kedua tunggal. Hal ini menunjukkan bahwa buku pengembangan diri: Ingatkan Aku karya Fitria NA menunjukkan komunikasi dua arah dalam tulisan antara penulis dan pembaca. Tujuannya, untuk menarik perhatian dan mengajak pembaca memahami, mengerti, dan melaksanakan anjuran-anjuran baik yang disampaikan penulis dalam buku pengembangan diri. 2) Pesan-pesan persuasif bertemakan keagamaan. 3) Hubungan bentuk deiksis persona dan pesan persuasif adalah munculnya kesan menguatkan. Dominasi deiksis persona yang muncul memperlihatkan bahwa pesan disampaikan secara personal. Ternyata hal tersebut digunakan agar pesan lebih dipahami, didalami, dan dilaksanakan pembaca.

 

Kata Kunci: Persona Deiksis, Pesan Persuasif, Buku Pengembangan Diri, Ingatkan Aku, Fitria NA


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Jamiluddin. (2005). Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: Indeks.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Liang, K. D. (2015). “Self-Improvement Books-A Genre Analysis”. (Tesis). Doctor of Philosophy in Applied Linguistics: Victoria University of Wellington.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nababan, P.W.J. (1987). Ilmu Pragmatik Teori dan Penerapannya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nandar, F.X.. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Perloff, R. M. (2017). The Dynamic of Persuation: Communication and Attitudes in the 21st Century. New York and London: Routledge.

Stine, J. M. (1997). Writting Succesful Self-Help And How To Books. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, H. A. (2002). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Yule, G. (2006). Pragmatik. Terjemahan Mustajab Rombe. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats