Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Rizki Riyanto(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Masrin Masrin(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor, 2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor, 3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakasanakan di SMK Inovatif Leuwiliang dan SMK Bina Cendekia di kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan 66 siswa dengan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 44,525 > Ftabel 3,143, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,571 > ttabel = 1,998, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,715 > ttabel = 1,998.

 

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Pendidikan Guru, Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supardi, I. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya, Bandung: PT. Alumni.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Grasindo.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W. S. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, S. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Posdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats