Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif

Iqra Juniar Saputra(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor, pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta  di Kabupaten Bogor, dan pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakasanakan di SMP Swasta Al-Ihsan Leuwiliang, SMP Swasta PGRI Kracak, dan SMP Islam Asyidiqiyah. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 58 siswa. Metode penelitian menggunakan survei melalui angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif atau statistik deskriptif regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,106. Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 0,369. Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 7,029.

 

Kata kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, dan Keterampilan Menulis Teks Naratif.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia.

Finoza, L. (2001). Komposisi dalam bahasa Indonesia Non-Jurusan. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Keraf, G. (1982). Argumentasi dan narasi. Jakarta: PT Gramedia Jakarta.

Sudarsana, U. (2010). Pembinaan minat baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tampubolon. (2015). Kemampuan membaca teknik membaca efekti dan efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2012). Penguasaan kosakata dalam kinerja bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats