Kesantunan Kritik Sosial dalam Rubrik Parodi di Surat Kabar Kompas

Nuring Wahyu Bayu Ratri(1*), Apsanti Djokosujatno(2), Bambang Sumadyo(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan menjelaskan isi dan sasaran kritik sosial dan menguraikan manifestasi kesantunan dalam kritik sosial yang disampaikan Samuel Mulia pada rubrik Parodi. Hipotesis penelitian tersebut adalah Samuel Mulia memiliki gaya yang khas dalam menyampaikan kritik sosial kepada masyarakat. Kritik sosial yang disampaikan memenuhi prinsip-prinsip kesantunan. Penelitian dilakukan dengan metode analisis wacana kritis. Objek penelitian adalah masalah sosial yang tertuang dalam rubrik Parodi. Ada dua pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data. Pertama, pendekatan analisis wacana kritis milik Fairclough dan Teun A. van Dijk. Kedua, pendekatan pragmatik, yaitu prinsip kesantunan Geoffrey N. Leech (1983). Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Samuel Mulia sebagai penulis mencoba mengangkat masalah sosial, seperti peduli lingkungan, adanya pembagian kelas-kelas dalam masyarakat yang juga menyebabkan adanya dominasi kekuasaan dalam masyarakat. 2) Kritik sosial disampaikan dengan cara menjadikan dirinya sebagai objek tulisan sekaligus subjek tulisan. 3) Sasaran tulisannya jelas secara eksplisit ditujukan kepada dirinya sendiri. Namun, sebenarnya penulis juga menyasar masyarakat pembaca Parodi, khususnya mereka yang memiliki jabatan kekuasaan, kekayaan, atau kekuatan besar. 4) Samuel Mulia memberikan contoh kritik sosial yang tidak menyinggung pihak lain sehingga tidak melukai perasaan karena merasa disudutkan atau dihakimi. Samuel menggunakan cara mengkritik pihak lain dengan cara membuat analogi. 5) Kritikan tidak cukup dengan menggunakan analogi atau metafora. Setiap kalimat yang dipilih dan digunakan untuk mengkritik harus memenuhi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, dan simpati. 6) Samuel dapat dikatakan sebagai pengkritik yang cukup santun. Meskipun dirinya dan banyak orang mengakui bahwa Samuel Mulia memiliki mulut yang tajam dan kritis, namun Samuel mampu menunjukkan bahwa ia dapat mengendalikan dirinya.

 

Kata Kunci: Kritik Sosial, Kesantunan, Teori Norman Fairclough dan Teun A. van Dijk.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. (2016). KBBI dalam jaringan (online). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dianti, D. E., & Herawati, A. (2014). Implementasi konsep kreatif pendekatan parodi dalam iklan televisi Axis. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dalam http://e-journal.uajy.ac.id/4297/1/Jurnal.pdf).

Jorgensen, M. W., & Phillips, L. J. (2007). Analisis wacana: Teori dan metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompasiana. (2015). Analisis wacana kritis. Diaksesn dari https://www.kompasiana.com/analisis_wacana/54f95c4ca3331169018b4dc8/analisis-wacana-kritis.

Purbani, W. (2005). Analisis wacana/ discourse analysis. Lokakarya Penelitian di UBAYA, Surabaya, 28 Januari 2005 (halaman 9). Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/131874171/pengabdian/discourse-analysis.pdf 28 Januari 2005.

Rahardi, K. (2002). Pragmatik: Kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Seputar Pengetahuan. (2017). Pengertian kritik sosial dan kedudukannya sebagai bahasa (Lengkap). dalam https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/03/ pengertian-kritik-sosial-dan-kedudukannya-sebagai-bahasa.html.diakses 19 Oktober 2020.

Siregar, I. (2018). Samuel Mulia. dalam http://litera.id/2018/08/03/samuel-mulia/3 Agustus 2018.

Soekanto, S. (2010). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tinarbuko, S. (2007). Eksekusi iklan televisi dengan pendekatan parodi. Jurnal Ilmu Komunikasi, IV, (1). Diakses dari https://media.neliti.com /media/publications/137266-ID-eksekusi-iklan-televisi-dengan-pendekata. pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats