Analisis Makna Bahasa dan Seni Rupa dalam Gambar Ilustrasi Cerita

Susiloningtyas Susiloningtyas(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bahasa dalam gambar ilustrasi cerita dan makna seni rupa dalam gambar ilustrasi cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian konten analisis dalam menjaring dan memaparkan data yang telah didapat, data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari narasi cerita dan bahasa visual dalam gambar ilustrasi cerita. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat makna bahasa dalam gambar ilustrasi cerita. Hal ini dibuktikan dengan terdapat unsur simbolik/makna dalam gambar ilustrasi berupa unsur netral 33,3% Protagonis 50% Antagonis 16,7%. Unsur simbolik/makna yang menggambarkan tokoh berkarakter Protagonis mendominasi dalam gambar ilustrasi, dan ditemukan pula aspek edukatif berupa nilai-nilai pendidikan karakter di dalam narasi cerita. Aspek nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan menghargai prestasi mendominasi di dalam narasi cerita. Terdapat makna seni rupa dalam gambar ilustrasi cerita. Hal ini dibuktikan dengan terdapat unsur makna seni rupa berupa objek gambar ilustrasi yang meliputi unsur rupa manusia 23,7% unsur rupa hewan 18,42% unsur rupa tumbuhan 10,52% unsur rupa Alam benda 36,84% Unsur rupa bayang-bayang dan bayangan 0% unsur rupa titik, garis, warna, tekstur, gelap terang, ruang, bidang, dan volume/gempal/bentuk 10,52%. Unsur alam benda mendominasi unsur makna seni rupa berupa objek gambar ilustrasi.

 

Kata Kunci: bahasa, seni rupa, unsur-unsur seni, makna gambar, pendidikan karakter.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adisasmito, N. Y. D. (2016). komunikasi visual gambar ilustrasi tradisi pada naskah tua Jawa masa kolonialisme. Jurnal Kajian Seni, 2(2), 95-106.

Chaer, A. (2014). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Espe, M. S. (11 Oktober 2020). Wasiat [Cerpen Suara Merdeka]. Diakses dari http://lakonhidup.com/2020/10/11/wasiat/.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Maxmanroe. (Tanpa Tahun). Seni Rupa: Pengertian, unsur-unsur, fungsi, dan jenisnya. Diakses dari http://www.maxmanroe,com/vid/umum/seni-rupa,html.

Muhammad, D. (11 Oktober 2020). Anak-anak Rimba [Cerpen Media Indonesia]. Diakses dari http://lakonhidup.com/2020/10/11/anak-anak-rimba/.

Nursantara, Y. (2007). Seni budaya untuk SMA kelas X. Bekasi: Erlangga.

Ratna, N. K. (2008). Teori, metode dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Singo, D. (2000). Penyu raksasa dan pedagang. Jakarta: Grasindo.

Sulastianto, H. (2006). Seni budaya untuk kelas X SMA. Bandung: Grafindo Media Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats