Unsur-Unsur Sejarah dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Teh dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur-unsur sejarah dan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen “Teh dan Pengkhianat” karya Iksaka Banu. Metodologi penelitian yang digunakan untuk menganalisis kumpulan cerpen ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan struktural. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Unsur sejarah yang ditampilkan dalam kumpulan cerpen “Teh dan Pengkhianat” karya Iksaka Banu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu peritiwa sejarah 67%, tokoh sejarah 20% dan waktu sejarah 13%. 2) Nilai pendidikan karakter yang ditampilkan dalam kumpulan cerpen “Teh dan Pengkhianat” karya Iksaka Banu terdapat 13 jenis nilai pendidikan karakter dengan jumlah data 25.
Kata Kunci: Unsur-unsur sejarah, Nilai Pendidikan Karakter, Teh dan Pengkhianat
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Banu, I. (2020). Teh dan pengkhianat. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia
Kuntowijoyo, B. (1987). Budaya masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mukhtar, P. D. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Ratna, N. K. (2007). Estetika sastra dan budaya. Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2011). Antropologi sastra: Peranan unsur-unsur kebudayaan dalam proses kreatif. Pustaka Pelajar.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter berbasis sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|