Pengaruh Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Wikurnia Wikurnia(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Hasbullah Hasbullah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, 2) pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, dan 3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian yaitu siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi dengan jumlah 827 siswa. Sampel penelitian yaitu dengan jumlah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 42,828. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 8,118. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,047 < 0,05 dan thitung = 2,018. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil prestasi belajar bahasa Indonesia di tingkat SMK Negeri di Kabupaten Bekasi.

 

Kata Kunci: Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Darmadi, H. (2010). Kemampuan dasar mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati., & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2000). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Retariandalas. (2017). Pengaruh minat membaca dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA. Jurnal Formatif, 7(2): 190-197, 2017..https://www.neliti.com/journals/formatif

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Seno, A. J. R. (2020). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan menyimakterhadap keterampilan menulis teks pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol. 3, No. 1, April 2020, pp. 55-62. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/diskursus

Simamora, L. (2014). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Jurnal Formatif, 4(1): 21-30, 2014..https://www.neliti.com/journals/formatif




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats