Pemakaian Bahasa dan Penalaran sebagai Sarana untuk Menarik Kesimpulan Wacana Argumentasi

Margaretha Sumarwati(1*), Dendy Sugono(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilaksanakan pada SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemakaian bahasa sebagai alat untuk menarik kesimpulan wacana argumentasi siswa kelas XI.Semester II SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020 serta untuk mendeskripsikan pemakaian penalaran sebagai alat untuk menarik kesimpulan wacana argumentasi siswa kelas XI semester II SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis jawaban menarik kesimpulan wacana argumentasi. Data diperoleh melalui tes dan wawancara kepada siswa kelas XI semester II SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020 dan guru kelas atau guru pendamping. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa pada tes pertama pemakaian bahasa dan penalaran siswa dalam penarikan kesimpulan wacana argumentasi masih belum sesuai dengan keinginan peneliti namun pada tes putaran kedua pemakaian bahasa dan penalaran siswa dalam penarikan kesimpulan wacana argumentasi sudah baik.

 

Kata Kunci: Pemakaian Bahasa, Penalaran, Menarik Kesimpulan, Wacana Argumentasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhadiah, S., Arsjad, M.G., Ridwan, S. H. (2012). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Haryono, A., & Tanujaya, B. (2018). Profil kemampuan penalaran induktif matematika mahasiswa pendidikan matematika UNIPA ditinjau dari gaya belajar. Journal of Honai Math, 1(2), 127-138.

Hetifah, S. J., & Sumarto. (2003). Inovasi, partisipasi dan good governance. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kartodirdjo, S. (2014). Pengantar sejarah Indonesia baru: Sejarah pergerakan nasional dari kolonialisme sampai nasionalisme. Jilid 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kemendikbud. (2013). Kerangka dasar kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan narasi. Jakarta. Gramedia.

Poerwadarminta, W. J. S. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi III, Cet. 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Purnama, D. (2010). Cermat memilih sekolah menengah yang tepat. Jakarta: Gagasmedia.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Shadiq. F. (2004). Penalaran, Pemecahan masalah dan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Depdiknas Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika, Yogyakarta.

Soekardjo. (1999). Logika dasar. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujanto. C. (1998). Ketrampilan berbahasa, membaca-menulis-berbicara untuk mata kuliah dasar umum bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Suliyanto (2006). Metode riset bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik dalam pembelajaran matematika. Bandung: FPMIPA UPI.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung. Angkasa.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winkel. (2012). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats