Tema dan Pola Pengembangan Paragraf dalam Artikel Opini di Harian Umum Pikiran Rakyat
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tema dan pola pengembangan paragraf dalam artikel opini di Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 4 Mei - 5 Juni 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik ini dipilih karena penulis mempertimbangkan tujuan, fokus, dan subfokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keberagaman tema dan pola pengembangan paragraf. Pola pengembangan paragraf sangat erat kaitannya dengan pemilihan tema untuk menghasilkan artikel yang menarik dan mudah dipahami. Dengan demikian, kedua hal tersebut dapat dijadikan alternatif pemilihan sumber belajar atau bahan bacaan untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca serta menulis bagi peserta didik khususnya, juga masyarakat pada umumnya.
Kata kunci: Tema, Pola Pengembangan Paragraf, Artikel Opini, Pikiran Rakyat.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Chaer, A. (2011). Ragam bahasa ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Esten, M. (1990). Kesusastraan, pengantar teori dan sejarah. Bandung: Angkasa.
Hakim, M. A. (2008). Kiat menulis artikel di media: Dari pemula sampai mahir. Edisi Revisi. Cetakan IV. Bandung: Nuansa.
Mahsun. (2005). Metode penelitian bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2014). Metode penelitian. Cet. 10. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Rahardi, R. K. (2009). Sosiopragmatik: Kajian imperatif dalam wadah konteks sosiokultural dan konteks situasionalnya. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rusyana, Y. (1988). Perihal kedwibahasaan (Bilingualisme). Bandung: FPS IKIP Bandung.
Sudaryanto. (2015). Metode dan teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.
Suyitno, I. (2011). Memahami tindakan pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Wiyanto, A. (2004). Terampil menerapkan kaidah ejaan bahasa Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i03.8039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|