Kesalahan Penggunaan Taksonomi Siasat Permukaan dan Ejaan dalam Happy Love Guide Karya Jose Aditya
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan taksonomi dan ejaan dalam buku panduan Happy Love Guide karya Jose Aditya untuk mengungkapkan seberapa banyak kesalahan yang terdapat dalam buku panduan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi yang didalamnya terdapat upaya memutuskan tujuan, mendefinisikan istilah-istilah, mengkhususkan unit yang akan dianalisis, mencari data yang relevan, membangun hubungan konseptual, merencanakan penarikan sampel, dan melakukan pengodean kategori yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sadap, yakni menyadap kesalahan data yang terdapat dalam buku Happy Love Guide. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik pengubahan wujud dengan merekonstruksi kalimat. Hasil penelitian ini ditemukan 42 buah data kesalahan taksonomi siasat permukan dengan rincian sebagai berikut: (1) penambahan sebanyak 18 buah data, (2) pembentukan sebanyak 15 buah data, (3) penghilangan sebanyak 7 buah data, dan (4) pengurutan sebanyak 2 buah data. Sementara itu, ditemukan 45 buah data kesalahan ejaan dengan rincian sebagai berikut: (1) penulisan kata sebanyak 22 buah data, (2) penggunaan tanda baca sebanyak 9 buah data, (3) penggunaan huruf miring sebanyak 5 buah data, (4) penggunaan huruf kapital sebanyak 4 buah data, (5) penggunaan unsur serapan sebanyak 3 buah data, (6) penggunaan lambang bilangan sebanyak 2 buah data, dan (7) tidak ada kesalahan pada pemenggalan kata.
Kata kunci: Kesalahan Berbahasa, Taksonomi Siasat Permukaan, Ejaan, Buku Panduan “Happy Love Guide”.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Fraenkel, J. P., & Wallen, N. E. (2007). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Compaines, Inc.
Gantamitreka, S. (2016). Kesalahan berbahasa penggunaan EYD. Solo: Genta Smart Publisher.
Hastuti, S. (2003). Sekitar analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Irianti, P. (1998). Perbedaan handbook danmanual tinjauan isi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Mintowati. (2010). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu, M. (2007). Bahasa Indonesia di perguruan tinggi mata kuliah pengembang kepribadian. Jakarta: Grasindo.
Setiyaningsih, dkk. (2014). Tipifikasi kesalahan kebahasaan dalam penulisan skripsi Mahasiswa Universitas Sanata Dharma dan strategi minimalisasinya sebagai upaya pemartabatan bahasa Indonesia (Jurnal Kependidikan). Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Sanata Dharma.
Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utomo, A. P. Y. (2008). Pengembangan buku panduan menulis laporan dengan pendekatan konstekstual bagi siswa SD kelas VIII SMP. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i03.8011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|