Motivasi dan Lingkungan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keluarga bagi Anak Berprestasi
(1) universitas indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang bentuk motivasi dari orang tua dan lingkungan pembelajaran bahasa Indonesia dalam keluarga bagi siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memperoleh pemahaman tentang bentuk motivasi dan lingkungan pembelajaran siswa dalam keluarga berdasarkan pengalaman siswa. Hasil penelitian: Pertama, terdapat beberapa bentuk motivasi dari orang tua kepada siswa di lingkungan keluarga, yaitu menyampaikan tujuan belajar, memberikan hadiah dan pujian, membentuk kebiasaan belajar yang baik, memperbolehkan anak untuk belajar bersama teman-teman kelasnya, dan memberikan hukuman kepada anak apabila malas/ tidak belajar. Kedua, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan nyaman, maka tersedia beberapa fasilitas pembelajaran, yaitu siswa memiliki kamar pribadi untuk tidur dan belajar, memiliki pencahayaan yang ruangan yang baik untuk kegiatan belajar, memiliki alat pengatur suhu ruangan berupa kipas angin, memiliki suasana belajar yang nyaman dan kondusif baik secara fisik maupun sosial, tidak memiliki kursi dan meja belajar, tetapi tetap nyaman belajar di lantai atau di atas tempat tidur, memiliki lemari dan rak buku, memiliki semua perlengkapan belajar yang dibutuhkan, dan semua siswa menyatakan bahwa mereka sudah nyaman belajar di rumah/ lingkungan keluarga. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi dari orang tua dan dukungan lingkungan pembelajaran yang lengkap dan kondusif membuat siswa dapat belajar dengan nyaman sehingga mampu meraih prestasi belajarnya di sekolah.
Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan, Prestasi, Fenomenologi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2009). Cermat berbahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Basrowi., & Suwandi. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rhineka Cipta.
Brown, H. D. (2007). Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa. Jakarta: Person Education.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planing, conducting, and evaluating, quantitative and qualitative research. Pearson Education.
Creswell, J. W. 2013. Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gay, L. R. (2009). Educational research. New Jersey: Pearson
Gulo, W. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maleong, L. J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtar. (2013). Metode praktis penelitian desktriptif kualitatif. Jakarta: Referensi.
Pambayun, L. E. (2013). One stop qualitative research methodology in communication. Jakarta: lentera Ilmu Cendekia
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Tohirin. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yamin, M. (2011). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7946
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|