Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 2) Kesalahan penggunaan kosakata pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 3) Tingkat kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 4) Tingkat kesalahan penggunaan kosakata pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian non hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil persentase kesalahan yang ditemukan dalam karangan deskripsi pada penggunaan tanda baca titik (.) 25%, tanda koma (,) 31%, dan tanda baca hubung (-) 4%. Kesalahan terbanyak terdapat pada penggunaan tanda baca koma (,) sedangkan kesalahan kosakata 40%. Jadi, kesalahan yang dilakukan siswa kurang dari 55% sehingga masih perlu bimbingan dan pengarahan lebih serius lagi tentang penggunaan ejaan dan kosakata dalam karangan deskripsi sehingga tulisan yang dihasilkan lebih tepat penggunaanya..tentang penggunaan tanda baca titik (.), tanda baca koma (,), tanda baca hubung (-) dan kosakata.
Kata kunci: Tanda Baca, Kosakata, Karangan Deskripsi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Chaer, A. (2006). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, A. (2011). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Karya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Djajasudarma. (2010). Metode lingustik: Ancangan metode penelitian dan kajian. Bandung: Reflika Aditama.
Djiwandono, S. (2011). Tes bahasa pegangan bagi pengajar bahasa. Jakarta: Indeks.
Finoza, L. (2004). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.
Finoza, L. (2005). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi dan Insan Mulia.
Finoza, L. (2008). Komposisi bahasa Indonesia untuk mahasiswa nonjurusan bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Gani, A. R. & A. Mahmudah F. Z. (2007). Pembinaan bahasa Indonesia. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Kasno. (2004). Kamus sebagai sumber rujukan dan pengajaran kosakata. Jakarta: Pusat Bahasa.
Kusumaningsih, D., Sudiatmi, T., & Mulyati, S. (2013). Terampil berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Nurgiantoro, B. (2009). Penelitian pembelajaran berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiantoro, B. (2014). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.
Ratna, N. K. (2013). Teori, metode dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Resmini, N., Churiyah, Y., & Sundori, N. (2006). Membaca dan menulis di SD: Teori dan pengajarannya. Reading and writing in elementary school: theory and teaching]. Bandung, Indonesia: UPI Press.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2005). Keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2012). Penguasaan kosakata dalam kinerja bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Wijayanti, S. H., Candrayani, A., Hendarwati, I. E. S., & Agustinus, J. W. (2013). Bahasa Indonesia: Penulisan dan penyajian karya ilmiah. Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|