Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak 2) Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak 3) Untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 31,147. Minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama menyumbang sebesar 52,2% terhadap variasi kemampuan menulis teks eksposisi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,672. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,819.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Eksposisi, Minat Baca, Penguasaan Kosakata.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arifin, E. Z. (2018). Wacana transaksional dan interaksional dalam bahasa Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Arikunto, S. (2013). Produser penelitian suatu pendekata praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bunata, M. (2004). Buku, mendongeng dan minat membaca. Jakarta: Pustaka Tangga.
Dalman. (2013). Keterampilan membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Finoza, L. (2013). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.
Hasani, A. (2005). Ihwal menulis. Jakarta: Untira Press.
Keraf, G. (2002). Eksposisi dan dekripsi komposisi lanjutan II. Jakarta: Nusa Indah.
Kosasih, E. (2018). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kridalaksana, H. (1993). Kamus linguistik (Edisi ketiga). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Rahim, P. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rosidi, A. (2016). Pembinaan minat baca. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2006). Pengajaran semantik. Bandung: Change Publication Design.
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2018). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|