Pengaruh Persepsi Siswa atas Gaya Hidup Digital dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa atas gaya hidup digital dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. (2) Pengaruh persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. (3) Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas gaya hidup digital dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 13,868 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,006 <0,05 dan th = 2,798. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 <0,05 dan th= 3,720.
Kata kunci: persepsi atas gaya hidup digital, minat belajar, kemampuan menulis deskripsi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adisaputro, G. (2014). Manajemen pemasaran (Analisis Untuk perancangon strategi pemasaran). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
BSNP. (2006). Standar isi dan standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: kemendiknas
Rolnicki, T. E. (2008). Pengantar dasar jurnalisme. Jakarta: Prenada Media Grup.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Slameto. (2018). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soehardi, S. (2003). Perilaku organisasi. Yogyakarta: BPFE UST.
Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suhendar. (2002). MKDU Bahasa Indonesia pengajaran dan ujian keterampilan membaca & keterampilan menulis. Bandung: Pionir Jaya.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|