Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi

Mahmur Mahmur(1*), Hasbullah Hasbullah(2), Masrin Masrin(3)

(1) universitas indraprasta pgri
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi, untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis narasi, untuk mengetahui pengaruh penguasaan kalaimat terhadap kemampuan menulis narasi. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1). Terdapat Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 28,792, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05  dan thitung = 2,816 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05  dan thitung = 4,610

Kata Kunci : Kemampuan Menulis Narasi, Minat Baca, Penguasaan Kalimat


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Depdikbud.

Akhadiah. (2003). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2008). Cermat berbahasa indonesia untuk perguruan tinggi. Edisi Revisi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Budiningsih. (2004). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Morfologi bahasa Indonesia (Pendekatan proses). Jakarta: Rineka Cipta

Chaplin. (2002). Dictionary of psycology. New York: Dell Publishing Co. Inc.

Darmojo, A., & Wibisono, G. (2009). Pembelajaran keterampilan. menulis. Semarang: Garda Pustaka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Daring). Diakses dari https://kbbi.kemdikbud. go.id/entri/terampil

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Daring). https://kbbi.kemdikbud.go.id /entri/membaca

Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah pengantar kemahiran Bahasa. Flores: Nusa. Indah

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE

Nurhadi. (2005). Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo Bandung.

Nurjamal, D. (2011). Terampil berbahasa menyusun karya tulis akademik, memandu acara (mcmoderator), dan menulis surat. (Cetakan Ke-tiga). Bandung: Alfabeta.

Nurjamal, D., & Sumirat, W. (2010). Penuntun perkuliahan bahasa Indonesia untuk memandu acara: MC-moderator, karya tulis akademik, dan surat menyurat. Bandung: CV. Alfabeta.

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Resmini, N. (2001). Pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2001). Organizational behavior. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Rozak, A. (2000). Kamus istilah sastra. Jakarta: Balai Pustaka

Sandjaja, S. (2005). Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stres lingkungan. Diakses dari http://www.digilib.its.ac.id.

Sari, D. N. (2016). Pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pembelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Semi, M. A. (2000). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa

Slameto. (2010). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.

Sudarso. (1993). Sistem membaca cepat dan efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana. (2006). Teknik analisis regresi dan korelasi. Tarsito: Bandung

Sugiarto. (2002). Perbedaan hasil belajar membaca antara siswa laki - laki dan perempuan yang diajar membaca dengan teknik skimming (12 halaman). Dikases dari http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/37/perbedaan_hasil_ belajar_memba ca.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suriamiharja, A. (2006). Kemampuan dan keterampilan menulis mahasiswa IKIP Bandung. Tesis. FPS IKIP Bandung

Tarigan, H. G. (2005). Menulis: Suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Wijayanto, A. (2006). Terampil menulis paragraf. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats