Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi
(1) universitas indraprasta pgri
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi, untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis narasi, untuk mengetahui pengaruh penguasaan kalaimat terhadap kemampuan menulis narasi. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1). Terdapat Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 28,792, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,816 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,610
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Narasi, Minat Baca, Penguasaan Kalimat
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Depdikbud.
Akhadiah. (2003). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2008). Cermat berbahasa indonesia untuk perguruan tinggi. Edisi Revisi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Budiningsih. (2004). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2009). Morfologi bahasa Indonesia (Pendekatan proses). Jakarta: Rineka Cipta
Chaplin. (2002). Dictionary of psycology. New York: Dell Publishing Co. Inc.
Darmojo, A., & Wibisono, G. (2009). Pembelajaran keterampilan. menulis. Semarang: Garda Pustaka.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Daring). Diakses dari https://kbbi.kemdikbud. go.id/entri/terampil
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Daring). https://kbbi.kemdikbud.go.id /entri/membaca
Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah pengantar kemahiran Bahasa. Flores: Nusa. Indah
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE
Nurhadi. (2005). Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo Bandung.
Nurjamal, D. (2011). Terampil berbahasa menyusun karya tulis akademik, memandu acara (mcmoderator), dan menulis surat. (Cetakan Ke-tiga). Bandung: Alfabeta.
Nurjamal, D., & Sumirat, W. (2010). Penuntun perkuliahan bahasa Indonesia untuk memandu acara: MC-moderator, karya tulis akademik, dan surat menyurat. Bandung: CV. Alfabeta.
Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Resmini, N. (2001). Pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2001). Organizational behavior. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Rozak, A. (2000). Kamus istilah sastra. Jakarta: Balai Pustaka
Sandjaja, S. (2005). Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stres lingkungan. Diakses dari http://www.digilib.its.ac.id.
Sari, D. N. (2016). Pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pembelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Semi, M. A. (2000). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa
Slameto. (2010). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.
Sudarso. (1993). Sistem membaca cepat dan efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana. (2006). Teknik analisis regresi dan korelasi. Tarsito: Bandung
Sugiarto. (2002). Perbedaan hasil belajar membaca antara siswa laki - laki dan perempuan yang diajar membaca dengan teknik skimming (12 halaman). Dikases dari http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/37/perbedaan_hasil_ belajar_memba ca.
Sugiyono. (2005). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suriamiharja, A. (2006). Kemampuan dan keterampilan menulis mahasiswa IKIP Bandung. Tesis. FPS IKIP Bandung
Tarigan, H. G. (2005). Menulis: Suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Wijayanto, A. (2006). Terampil menulis paragraf. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|