Prestasi Belajar Bahasa Indonesia: Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengunakan metoda survei, dengan populasi siswa SMP Negeri di Kota Bogor sejumlah 916 . Dengan menggunakan teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan tes Prestasi belajar Bahasa Indonesia dan dianalisis dengan SPSS 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat belajar dan motivasi belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.
Kata kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmadi, A. (2003). Psikologi belajar. Jakarta Rineka Cipta
Angkowo, R., & Ahmad, K. (2007). Operasionalisasi media pembelajaran. Jakarta.Grafindo.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Hamzah, B. U. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Crow D.L., & Crow. A. (2005). Psikologi pendidikan. Penerjemah Rachman Abror Abd. Yogyakarta Nur Cahaya.
Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djaali., & Purnomo, M. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Djamirah, S. B. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta Rineka Cipta
DePorter, B., & Hemackhi, M. (2002). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Jakarta Kaifa.
Dimyati, M. (2008). Belajar dan pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (2001). The conditional of learning Florida Holt, Rienhart and Winstone
Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta PT Bumi
Aksara Nawawi, H. (2003). Pengantar penelitian. Pendidikan Bandung Grafindo
Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung PT/ Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2005). Didakdik azas-azas mengajar. Bandung Penerbit Jamnas.
Purwanto, M. N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto, M. N. (2009). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rasyad, A. (2003). Teori pembelajaran dan pengajaran. Jakarta Bumi Aksara
Ridwan, S. H. (2007). Pengantar statistika untuk penelitian, Bandung: Alfabeta.
Robbin. S.P. (2003). Perilaku organisasi. Jakarta PT. Indeks
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan; Pendidikan (KTSP), Jakarta Penerbit Kencana.
Shalahudin, M. (2001). Pengantar psikologi pendidikan. Surabaya Bina Ilmu
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.
Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &
D. Bandung Penerbit Alfabeta.
Suparman. (2014). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Sutjpto. (2001). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor. Ghalia Indonesia.
Syah, M. (2001). Psikologi belajar. Jakarta PT. Logos Wacana Ilmu
Winardi. (2002). Teori motivasi belajar. Jakarta: PT. Gramedia
Winkel, W.S. (2004). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta Penerbit Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|