Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi

Yuliana Yuliana(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UNINDRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan narasi, untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis karangan narasi, dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nenegri 1 Gunung Putri, SMK Negeri 1 Cileungsi, dan SMK Negeri 1 Cariu Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposional random sampling. Dimana setiap anggota populasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan questioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,048 < 0,05 dan Fh = 2,766. Secara bersama-sama pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 32% terhadap kemampuan menulis karangan narasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,048 < 0,05 dan thitung = 2,006. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa SMK Negeri di kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.= 0,033 < 0,05 dan thitung = 2,116.

 

Kata Kunci: minat baca, penguasaan kosakata, kemampuan menulis, karangan narasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J. P. (2001). Kamus lengkap psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakara: Raja Graindo Perkasa.

Dalyono, M. (2005). Prestasi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, L. (2008). Komposisi bahasa Indonesia. Bandung: Diksi Insan Mulia.

Keraf, G. (2001). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (1996). Kosa kata bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pramudyantoro. (2000). Penggunaan kosakata bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam karangan siswa kelas II SMU Muhammadiyah V Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2005). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suriamiharja, A. dkk. (1996). Petunjuk Praktis Menulis.

Suriamiharja, A., Husen, A., & Nurjanah, N. (1996). Petunjuk praktis menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Sutarno, N. S. (2003). Perpustakaan dan masyarakat. Yayasan Obor Indonesia.

Syamsuddin, A. R., & Vismaia, S. D. (2006). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran kosakata. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats