Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Siswa Atas Gaya Hidup Digital terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa

Yohanes de Brito Sutadi(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan persepsi siswa atas gaya hidup digital secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi. Penelitian ini dilakukan pada 984 siswa kelas 8 dengan menghitung ukuran sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik Slovin. Dari teknik Slovin tersebut diambil sampel sebanyak 100 siswa yaitu sebanyak 31orang siswa dari SMPN 1Kemis Kabupaten Tangerang, 37orang siswa dari SMPN 3Kemis Kabupaten Tangerang, dan 32 orang siswa dari SMPN 5 Kemis Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dengan dilakukan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen, uji validitas, dan realibilitas. Selanjutnya dilakukan persyaratan analisis dengan normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji regresi linear berganda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan Desember 2018. Berdasarkan hasil dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama minat belajar dan persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fh = 18,520. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung =4,648. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,007< 0,05 dan th = 2,775.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Deskripsi, Pengaruh Minat Belajar, Persepsi Siswa Atas Gaya Hidup Digital.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta.

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk skripsi, tesis dan disertai ilmu manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Husein, U. (2009). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kerlinger, F. N. (2004). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (ed). (1999). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V., & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta:Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats