Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berinteraksi Sosial terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Bahasa Indonesia

Siti Jamilah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berinteraksi Sosial  secara bersama-sama terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Bahasa Indonesia,  mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kreatif  terhadap  keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa,  serta mengetahui pengaruh berinteraksi sosial terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia. Penelitian ini  menggunakan  metode survey dengan teknik analisis regresi dan korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Sa’adatuddarain dan Madrasah Aliyah Islamiyah PUI . Teknik pengambilan Sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (Simple Random Sampling). Data keterampilan menulis cerita pendek dan data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes produk, sedangkan data kemampuan berinteraksi sosial dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan beberapa hal berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan berinteraksi sosial secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa MA Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 11,023. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa MA Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,006 < 0,05 dan th = 2,831. 3).  Terdapat pengaruh yang signifikan berinteraksi sosial terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa MA Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,038 < 0,05 dan th = 2,127.

 

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Berinteraksi Sosial


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Bandung: PT Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta

Dalman, (2014). Keterampilan menulis. Jakata: Rajawali Press.

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ridwan, S. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa: Aplikasi dalam pengajaran morfologi-sintaksis. Yogyakarta: Kepel Press.

Soekanto, S (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats