Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia

Mia Sahrihatin(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menyimak bahasa indonesia siswa (Eksperimen pada MTS di Kabupaten Bogor). Hipotesis penelitian yang diuji meliputi : 1) Pengaruh yang Signifikan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 2) Pengaruh yang Signifikan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 3) Pengaruh Interaktif yang Signifikan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII MTS  Wilayah Cijeruk Kabupaten Bogor dengan besar sampel sebanyak 40 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar bahasa indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan pilihan soal sebanyak 40 soal. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan interaktif media pembelajaran dan motivasi belajar  terhadap hasil belajar menyimak  bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  nilai sig 0,000 ( < 0,05) dan Fhitung9,293.  2) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  nilai sig =  0,000 ( < 0,05) dan thitung4,204. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar  terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig 0,002 (< 0,05) dan thitung 1,794.

Kata Kunci: media pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar menyimak bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buchari, A. (2009). Guru profesional menguasai metode dan mengajar keterampilan. Bandung: Alfabeta.

Djaali. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Tim, W. R. I. (2001). Materi intensif training KKG–MGMP, Bunga rampai psikologi dan pembelajaran pada pendidikan pada pendidikan dasar. Semarang: WRI, 58.

Surahmad, W. (1997). Pengantar penelitian ilmiah. Bandung: Tarsito.

Syah, M. (2001). Psikologi belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats