Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Membaca Puisi Bahasa Indonesia

Jaronah Jaronah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tentang Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap  Keterampilan  Membaca  Puisi  Bahasa  Indonesia Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri   Jakarta Pusat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan teknik Sampling acak sederhana proporsional. Untuk mendapatkan data penelitian, penulis menggunakan instrument penelitian atau alat pengumpul data berupa angket dan tes secara lansung. Pengolahan data dilakukan dengan pemberian skoring pada angket berdasarkan skala Likert, sedangkan metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk  mendeskripsikan atau menjelaskan pengujian suatu teori yang diukur dengan bilangan-bilangan dan dianalisis dengan prosedur statistik. Penelitian ini merupakan penelitian yang terdiri dari dua faktor bebas, yaitu faktor media pembelajaran (A) dan motivasi berprestasi (B) Masing-masing faktor terdiri dari sub faktor yang disebut level. Untuk media pembelajaran (A) ada dua, yaitu media pembelajaran audiovisual (A1) dan media pembelajaran konvensional (A2) Faktor kedua adalah motivasi berprestasi  (B) dengan dua level, yaitu: tinggi (B1) dan rendah (B2)  Kesimpulan dari penelitian ini adalah  bahwa :   1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap keterampilan membaca puisi bahasa Indonesia  siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 18,033.  2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kemampuan membaca puisi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Pusat.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 44,531. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan membaca puisi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,023 < 0,05 dan Fh = 5,475.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Membaca Puisi Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Cet-4. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah., & Bahri, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Haling, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan penerbit UNM

Suryabrata, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats