Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Indonesia

Feniliya Feniliya(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh penguasaan kosakata dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Depok. 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Depok. 3) Pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Depok. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kota Depok dengan besar sampel sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara penyebaran angket dan kuisioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kota Depok, berdasarkan nilai Sig. 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kota Depok, berdasarkan Sig. 0,006>0,05. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kota Depok, berdasarkan nilai Sig. 0,098>0,05. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis teks naratif di tingkat SMP.

Kata Kunci: penguasaan kosakata, kemampuan berpikir kreatif,  kemampuan menulis teks naratif.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwasilah. (2007). Pokoknya menulis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrudin, & Jamaris, M. (2005). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui permainan, 3(2), 1 – 41.

Hartati. T. (2002). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui sastra. JASSI_Anakku. 1 No. 1.UPI. 82

Setiaji, B. (2004). Panduan riset dengan pendekatan kuantitatif. Surakarta: Program Pascasarjana UMS.

Sugiyono. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats