Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Dina Indri Astuti(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasinya siswa kelas VIII di SMPN 1 Pedes dan SMPN 2 Pedes Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari dua kelompok, yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah, sedangkan kelas VIII-D berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang terdiri dari dua kelompok, yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk motivasi belajar dan dengan tes untuk hasil belajar bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan teknik ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, di mana model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih unggul daripada model pembelajaran konvesional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMPN di Karawang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adnyani, L.D.S. (2014). Penerapan Teknik Role Play dengan Bantuan Video pada Mata Kuliah Speaking 2 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 3, No 1 (2014). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2914. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2914

Eveline dan Nara, H. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sagala, S. (2012). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematka belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. E. –Terj. Narulita Yusron. (2015). Cooperative learning teori, riset, dan praktik. Bandung:Penerbit Nusa Media.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Supardi. (2016). Aplikasi statistik dalam peneitian edisi revisi konsep statistika yang lebih komprehensip. Jakarta: Change Publication.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontektual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/tki). Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats