Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Struktur Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi

Wiwin Sri Ningsih(1*), Sumaryati Tjitro Sumarto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis eksposisi. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi (1) pengaruh kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis eksposisi; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis eksposisi; (2) pengaruh penguasaan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis eksposisi. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan menggunakan teknik Multi Stage Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan hasil tes menulis eksposisi. Data diolah dengan bantuan SPSS 20, dan microsoft excel dan dianalisis dengan menggunakan metode regresi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis eksposisi; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis eksposisi; (3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis eksposisi.Kata Kunci: kecerdasan emosional, struktur kalimat, menulis eksposisi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badudu, J. S. (1994). Kamus kata-kata serapan asing dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Kompas.

Goleman, D. (1999). Working with emotional intelligence, Diterjemahkan oleh Alex Tri Kuncoro Widodo: Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Karir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Yrama Widya.

Oktaria, D., Andayani, NFN., & Saddhono, K. (2017). Penguasaan kalimat efektif sebagai kunci peningkatan keterampilan menulis eksposisi. Jurnal Metalingua, 15(2), 165-177. http://metalingua.kemdikbud.go.id /jurnal/index.php/metalingua/article/view/63/68

Rahim, R. (2009). Bina bahasa. Makassar: Unismuh Makassar.

Safaria, T., & Saputra, N.E. (2012). Manajemen emosi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sajiman, S. U. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Sumaryoto. (2017). Keynote Speech – Menjadi guru pembelajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan, 1(1), 1-8. https://journal.lppmunindra. ac.id/index.php/repository/article/view/1679/1297

Uno, H. B. (2010). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yahya, M. (2009). Pengantar pendidikan. Bandung: Prospect.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats