Kaitan Konflik dan Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo

Widiasih Widiasih(1*), Apsanti Djokosujanto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Konflik yang disampaikan dalam alur cerita pada novel Pasar karya Kuntowijoyo 2) Hubungan nilai-nilai sosial dan kelompok sosial dalam novel Pasar karya Kuntowijoyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan simak serta catat. Teknik simak dan teknik catat berarti peneliti sebagai instrument kunci melakukan penyimakan secara cermat, terarah, dan teliti terhadap sumber  data utama sebagai sasaran peneliti yaitu berupa teks novel Pasar dalam memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode semiotik. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan: 1) Mengungkapkan deskripsi pertentangan pengguna pasar dan pengelola pasar yang menimbulkan konflik. Konflik disebabkan oleh burung-burung dara Pak Mantri dan kepentingan-kepentingan pribadi para tokoh. 2) Membuktikan bahwa konflik membawa perubahan sosial dan berkaitan dengan nilai-nilai sosial masyarakat. nilai-nilai sosial ada hubungannya dengan kelompok sosial masyarakat, yaitu dapat membawa perubahan sosial bagi kelompok sosial masyarakat. tak adanya tanggung jawab para pengelola terhadap masyarakat yang dipertengtangkan dengan kelompok masyarakat pengguna pasar yang menyadari kepentingan kelompoknya dan haknya.Kata Kunci: konflik, nilai-nilai sosial, novel

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Ma’ruf, A. I. (2006). Dimensi sosial keagamaan dalam fiksi Indonesia modern fenomena perkawinan lintas agama dalam novel Keluarga Permana karya Ramadhan KH: Kajian semiotik. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/ bitstream/handle/11617/2094/CHAPTER%20I.pdf?sequence=2

Damono, S. D. (1979). Sosiologi sastra sebuah pengantar ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntowijoyo. (2017). Pasar. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahman, F., Anto, P., & Maskur, A. (2018). Interferensi bahasa arab terhadap bahasa Indonesia dalam percakapan santri (Kajian pada Novel Negeri 5 Menara). Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 12-23.

Semi, A. (1998). Anatomi sastra. Padang: Angkasa Raya.

Wellek, R., & Warren, A. (1989). Teori kesusastraanI. (Terj. Melani Budianta). Jakarta: PT Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats