Tindak Tutur Direktif dan Fungsinya dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 “Kelas Bercerita”

Indah Pusparita(1*), Bambang Sumadyo(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Jenis-jenis tindak tutur direktif. 2). Fungsi tindak tutur direktif. 3) Tindak tutur direktif dan fungsinya yang dominan dalam cerpen Pilihan Kompas 2017 “Kelas Bercerita”. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis cerpen ini adalah metode kualitatif. Selain itu, penulis menggunakan pendekatan kepustakaan serta teknik baca dan catat dalam menyusun langkah kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat enam jenis-jenis tindak tutur direktif yang ditemukan berdasarkan teori Ibrahim, yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, menyetujui, dan nasihat. 2)  Terdapat empat fungsi tindak tutur direktif, yaitu, kompetitif, menyenangkan, bekerja sama, dan bertentangan. 3) Tindak tutur direktif yang dominan ditemukan adalah pertanyaan (11 data), permintaan (10 data), perintah (5 data), menyetujui (5 data), nasihat (3 data), dan larangan (2 data). 4) Fungsi tindak tutur direktif yang dominan ditemukan adalah menyenangkan (18 data), bekerja sama (8 data), kompetitif (5 data), dan bertentangan (5 data).

 

Kata Kunci: tindak tutur, fungsi tindak tutur, jenis-jenis tindak tutur, cerpen.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung, A. M. L., El-Ichwan, A., Zirtaf, A. A., Husodo, E. S. A., Hajriansyah, Swastikaningrum, H., Erlangga, Y. (2017). Kelas cerpen Kompas 2017: Kelas bercerita. Jakarta: Kompas.

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, A. S. (1994). Kajian tindak tutur. Surabaya: Usaha Nasional

Nadar, F. X. (2009). Pragmatik dan penelitian pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiantoro, B. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Rahardi, K. (2005). Kesantunan imperative bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rusminto, N. E. (2010). Memahami bahasa anak-anak. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran kompetensi bahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Widada. (1999). Wacana direktif dalam bahasa Jawa. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. (2010). Analisis wacana pragmatik: Kajian teori dan analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats