Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Anwar Sanusi(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 519 dari siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibungbulang dan SMP Negeri 1 Cibungbulang pada tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fhitung = 74, 067. 2). Tedapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000< 0,05 dan thitung 5, 705. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,008< 0,05 dan thitung = 2,747.Kata Kunci: lingkungan keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, A. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Margono, S. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moenir. (2010). Masalah–masalah dalam belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1996). Prestasi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta

Sobur, A. (2011). Psikologi umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Sugiyono. (2014). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta

Supardi. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian konsep statistika yang lebih komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Suwarno. (2008). Dasar-dasar ilmu pendidikan.Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats