Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon)

Agnes Jatu Resani Seno(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis mengenai: 1) Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis pidato Siswa SMA di Kota Cilegon. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks pidato Siswa SMA Negeri  Kota di Cilegon. 3) Pengaruh kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis teks pidato  Siswa SMA Negeri  Kota di Cilegon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 91 siswa, yang dilakukan dengan teknik sampling cluster random sampling. Analisis data menggunakan analis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung =11, 078. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.001 < 0,05 dan thitung = 3,515. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan nilai Sig = 0.004 < 0,05 dan thitung = 2,985. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis teks pidato  di tingkat SMA.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Menyimak, Keterampilan Menulis Teks Pidato

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hasnun, A. (2005). Pedoman menulis untuk siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.

Hermawan, H. (2012). Menyimak keterampilan komunikasi yang terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiyantoro, B. (1987). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta : BPFE.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa.

Uno, H.B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyamartaya, A. (2003). Seni menuangkan gagasan. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats