Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Menulis Narasi

Liliswati Liliswati(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 88 Siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 September sampai dengan 30 Desember 2018. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat dan  kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan. hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,597. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap kemampuan menulis narasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,017. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan menulis narasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001< 0,05 dan thitung = 3,547.

 

Kata Kunci: Minat, Kemandirian Belajar, Kemampuan Menulis Narasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineke Cipta

Elizabeth, H. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: erlangga.

Gunawan, A. W., & Setyono, A. (2007). Managing Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Holstein, H. (1984). Murid Belajar Mandiri. Bandung: CV Remadja Karya.

Idris, Z., & Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan I. Jakarta: Grasindo.

Nurgiantoro, B. (1988). Analisis Pengajaran Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Nuryanti, L. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: PT Indeks.

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Robinson, A. (1988). Asas-asas praktik mengajar. Jakarta: Bharatara.

Sarwono, J. (2006). Analisis Data Penelitian menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (1982). Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.

Usman, M. U. (1990). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.

Wahyuni, E. N., & Baharuddin. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz media




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i02.6675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats