Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Menulis Narasi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 88 Siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 September sampai dengan 30 Desember 2018. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan. hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,597. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap kemampuan menulis narasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,017. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan menulis narasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001< 0,05 dan thitung = 3,547.
Kata Kunci: Minat, Kemandirian Belajar, Kemampuan Menulis Narasi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineke Cipta
Elizabeth, H. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: erlangga.
Gunawan, A. W., & Setyono, A. (2007). Managing Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Holstein, H. (1984). Murid Belajar Mandiri. Bandung: CV Remadja Karya.
Idris, Z., & Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan I. Jakarta: Grasindo.
Nurgiantoro, B. (1988). Analisis Pengajaran Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Nuryanti, L. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: PT Indeks.
Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Robinson, A. (1988). Asas-asas praktik mengajar. Jakarta: Bharatara.
Sarwono, J. (2006). Analisis Data Penelitian menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (1982). Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.
Usman, M. U. (1990). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Wahyuni, E. N., & Baharuddin. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz media
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i02.6675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|