Ketegangan Kisah Cinta Remaja dalam Novel Saraswati Karya Kanti W. Janis

Kurnia Utami(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis ketegangan kisah cinta remaja dalam novel Saraswati karya Kanti W. Janis dalam penyajian alur dan penokohannya. Selain itu, penulis berharap agar pembaca lebih memahami isi dari novel ini. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis novel ini adalah metode kepustakaan yang memuat unsur karya sastra. Setelah penulis menganalisis novel Saraswati melalui analisis alur dan penokohan, akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penyajian alur dalam novel Saraswati karya Kanti W. Janis terdapat loncatan-loncatan waktu, terdapat kekosongan dalam rangkaian cerita. Pertama, ketika Disam dan Rasty masih kecil, saat itu tiba-tiba Rasty menghilang. Kedua, ketika Disam dan Rasty dewasa, saat mereka jatuh cinta. Ketiga, Disam setelah 20 tahun kemudian. Dalam penyajian penokohan, terutama tokoh utama, terjadi ketegangan antara Disam dan tokoh-tokoh lain. Pertama, Disam dan keluarga, sering terjadi pertengkaran antara ayah dan ibunya. Kedua, Disam dan Rasty, diawali dengan menghilangnya Rasty, kehadiran Bisma, ketidaksukaan Rasty kepada Disam karena sering mabuk, hingga keputusan Rasty menikah dengan Bisma. Ketiga, pada bagian akhir cerita terjadi pertengkaran antara Disam dan Bisma.Kata Kunci: Remaja, Penokohan, dan Novel Saraswati

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anjasmara, B. (2019). Kajian Terhadap Shiji Daimeishi Dalam Drama Nobunaga Concerto Live Action (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Effendi, S. (2005). Modul Bahasa dan Sastra dalam Apresiasi Sastra Prosa. Jakarta: Universitas Indonesia.

Haryani, Y. (2012). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Sekolah Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Intensi Berwirausaha: Survei pada Siswa Kelas XII SMK Negeri di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Janis, K. W. (2006). Saraswati. Jakarta: PT Andal Krida Nusantara.

Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sudjiman, P. (2003). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta. Pustaka Jaya.

Sukarjo, W. (2011). Kritik Rabindranath Tagore Tentang Pendidikan Dalam Cerpen “Kisah Seekor Burung Yang Bodoh”: Sebuah Tinjauan Sosiologis. Prosiding Bahasa dan Sastra Indonesia (Konservasi dan Pendidikan Karakter), 1-35.

Sumardjo, J. (1984). Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.

Zaimar, O. K. S. (2014). Semiotika dalam Analisis Karya Sastra. Depok: PT Komodo Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i02.6674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats