Gambaran Pendidikan Formal di Indonesia Awal Abad Ke-20 dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer

Dede Rachmat(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gambaran pendidikan formal di Indonesia awal abad ke-20 dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Hipotesis yang diuji meliputi 1) Penggambaran pendidikan formal. 2) Tema pendidikan dalam alur cerita Bumi Manusia. dan 3). Proses pendidikan formal tokoh Minke. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Isi. Analisis Isi adalah strategi untuk menangkap pesan dalam karya sastra. Proses yang dilakukan adalah dengan membuat inferensi melalui proses identifikasi dan penafsiran terhadap alur cerita, tema dan unsur pendidikan formal yang terdapat dalam novel Bumi Manusia. Setelah melakukan analisis, penulis menarik kesimpulan bahwa gambaran pendidikan formal disajikan dalam tema yang dominan pada alur cerita Bumi Manusia. Gambaran yang diperoleh tentang pendidikan formal di Indonesia awal abad ke-20 dalam novel Bumi Manusia adalah (1) Waktu pelaksanaan pendidikan, (2) Tata aturan dan karakteristik pendidikan, (3) Jenjang dan jenis pendidikan, (4) Latar belakang pelajar, (5) Bidang pengetahuan yang dipelajari, (6) Guru-Guru di Sekolah Hindia, (7) Bahasa dalam pendidikan, (8) Acara-acara sekolah, dan (9) Gaya hidup. Hasil penelitian terkait model pendidikan dapat dijadikan masukan untuk pengembangan sistem pendidikan yang lebih baik pada masa sekarang.

 

Kata Kunci: Pendidikan formal, masa penjajahan Belanda, novel Bumi Manusia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwi, H., & Sugono, D. (2002). Telaah Bahasa dan Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Djokosujatno, A. (2004). Membaca Katrologi Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer. Magelang: Indonesia Tera.

Endraswara. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Hun, K. Y. (2011). Pramoedya Menggugat: Melacak Jejak Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.

Rosyadi, U. (2012). Biografi Tokoh Sastra. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toer, P. A. (2017). Bumi Manusia. Jakarta: Lentera Dipatara.

Warisman. (2016). Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis.Malang: UB Press.

Zaimar, O. K. S. (2014). Semiotika dalam Analisis Karya Sastra. Depok: PT Komodo Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i02.6670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats