Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh penguasaan bahasa daerah dan bahasa asing secara bersama-sama terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa SMKN di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh penguasaan bahasa daerah terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa SMKN di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh penguasaan bahasa asing terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa SMKN di Kabupaten Bogor. Metode Survei dengan pendekatan kuantitatif dan bentuknya adalah kajian analitis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Kemang, SMKN 1 Bojong Gede, dan SMKN 1 Gunung sindur yang berjumlah 694 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa kelas XII Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan bahasa daerah dan bahasa asing secara bersama-sama terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 24,718. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan bahasa daerah terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,673. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan bahasa asing terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,028 < 0,05 dan thitung = 2,237.Kata Kunci: Bahasa daerah, bahasa asing, penguasaan kosakata bahasa Indonesia.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis edisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
KBBI V Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Arifin, Z., & Tasai, A. (2012). Cermat berbahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.