Konflik Tokoh dan Nilai-Nilai Sosial serta Keterkaitannya dalam Novel Azimah Karya Arum Faiza

Uum Umiati(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan konflik tokoh dan nilai-nilai sosial serta keterkaitannya dalam novel Azimah karya Arum Faiza. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi nonpartisan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis id, ego dan superego pada konflik tokoh dan agama, tolong menolong, saling memaafkan dan kasih sayang, pada nilai-nilai sosial. Penulis dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian peneliti sendiri (human instrument) yang dibantu dengan tabel analisis. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Wujud konflik yang dialami oleh tokoh meliputi pertentangan antara pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan, kebimbangan dalam menghadapi permasalahan, dan harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa secara keseluruhan permasalahan yang dialami oleh tokoh utama didominasi oleh id daripada ego. Faktor yang melatarbelakangi timbulnya konflik tokoh dalam novel Azimah karya Arum Faiza terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 2) Terdapat nilai-nilai sosial dalam novel Azimah karya Arum Faiza yaitu nilai agama, tolong menolong, saling memaafkan dan kasih sayang. 3) Keterkaitan antara konflik tokoh dan nilai-nilai sosial terjadi dalam menjalankan hidup bermasyarakat dan juga kehidupan sehari-hari. Semuanya baik jika setiap tokoh dapat mengendalikan emosi dan hawa nafsunya. Tetapi sebaliknya, semuanya akan buruk jika setiap tokoh tidak dapat mengendalikan emosinya.

 

Kata Kunci: Novel Azimah, teori karya sastra, novel, konflik tokoh, dan nilai sosial


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budianta, M. dkk. (2002). Membaca sastra: Pengantar memahami sastra untuk perguruan tinggi. Depok: Indonesiatera.

Damono, S. D. (2002). Pedoman penelitian sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Iskandar. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurgiyantoro, B. (2011). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Soekanto, S. (1988). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: Radjawali.

Sardjono, A. (1995). Komunikasi Belajar. Bandung Alfabeta.

Ratna, N. K. (2003). Paradigma sosiologi sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats